Hidayah, Nurul Lailatul (2017) Peranan Interaksi Sosial dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi PAI FTIK IAIN Jember Tahun Angkatan 2012. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nurul Lailatul Hidayah_084 121 165.pdf Download (77MB) |
Abstract
Interaksi sosial merupakan suatu proses timbal balik yang saling mempengaruhi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Sedangkan prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh berupa kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari aktivitas dalam belajar. Hubungan interaksi sosial dengan prestasi belajar yaitu sesuai dengan hasil observasi bahwa interaksi sosial antara mahasiswa yang positif akan mewujudkan suasana saling mempercayai, menghargai dan saling mendukung antara sesama mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat termotivasi untuk lebih giat belajar yang dapat mengantar mahasiswa mencapai prestasi belajar yang optimal. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peranan interaksi sosial aspek kerjasama dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa prodi PAI-FTIK Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember tahun Angkatan 2012? 2) Bagaimana peranan interaksi sosial aspek persaingan dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa prodi PAI -FTIK Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember tahun Angkatan 2012? 3) Bagaimana peranan interaksi sosial aspek akomodasi dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa prodi PAI-FTIK Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember tahun Angkatan 2012? 4) Bagaimana peranan interaksi sosial aspek konflik dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa prodi PAI-FTIK Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember tahun Angkatan 2012? Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi lapang. Dengan subyek peneliti menggunakan purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkanan alisis datanya menggunakan analisis model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Interaksi sosial aspek kerjasama dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Prodi PAI IAIN Jember tahun angkatan 2012, hal tersebut disebabkan terjadi proses sharing di dalamnya sehingga dapat menambah literatur mahasiswa. 2) Interaksi sosial aspek persaingan dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Prodi PAI IAIN Jember angkatan 2012, karena persaingan dapat mendorong motivasi belajar mahasiswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. 3) Interaksi sosial aspek akomodasi dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Prodi PAI IAIN Jember angkatan 2012, karena berperan dalam mengurangi pertentangan mahasiswa. 4) interaksi sosial aspek konflik dapat meningkatkan atau menurunkan prestasi belajar mahasiswa Prodi PAI IAIN Jember angkatan 2012, konflik penghambat dalam meraih prestasi, namun disisi lain konflik juga dapat dijadikan sebagai strategi dalam mengejar prestasi belajar mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 04:24 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 04:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28079 |
Actions (login required)
View Item |