Riyanto, Mr (2017) Penguatan Pendidikan Agama Islam Melalui Kajian Kitab Safinatunnajah Di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Riyanto_084 131 116.pdf Download (9MB) |
Abstract
Masuknya budaya barat seperti saat ini berdampak terhadap semakin merosotnya pemahaman dan pengamalan peserta didik akan syari’at Islam. Secara teoritis, Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) mencakup materi wakaf, jenazah, khutbah, ekonomi Islam, nikah, dan waris. Namun, realitanya banyak peserta didik tingkat menengah atas yang belum menguasai materi fiqih. Hal ini terjadi di SMA Negeri 1 Tapen sebagaimana penuturan Nanik Erni Fatimah selaku guru kajian kitab Safinatunnajah. Sehingga adanya kegiatan yang dapat menunjang materi Pendidikan Agama Islam seperti halnya kajian kitab Safinatunnajah menjadi urgen untuk mengefektifkan Pendidikan Agama Islam. Fokus penelitian ini ialah: 1) Apa materi penguatan Pendidikan Agama Islam melalui kajian kitab Safinatunnajah di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso? 2) Bagaimana metode penguatan Pendidikan Agama Islam melalui kajian kitab Safinatunnajah di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso? 3) Bagaimana hasil penguatan Pendidikan Agama Islam melalui kajian kitab Safinatunnajah di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan materi penguatan Pendidikan Agama Islam melalui kajian kitab Safinatunnajah di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso. 2) Untuk mendeskripsikan metode penguatan Pendidikan Agama Islam melalui kajian kitab Safinatunnajah di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso. 3) Untuk mendeskripsikan hasil penguatan Pendidikan Agama Islam melalui kajian kitab Safinatunnajah di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini sendiri field research (penelitian lapangan). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara dan dokumenter. Untuk analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif. Kemudian diabsahkan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulannya ialah: 1) Materi penguatan Pendidikan Agama Islam melalui kajian kitab Safinatunnajah di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso mencakup dua aspek Pendidikan Agama Islam yakni aqidah dan syari’ah. Secara spesifik meliputi rukun iman (aqidah), rukun Islam, thaharah, shalat, puasa. (syari’ah). Materi kitab Safinatunnajah dominan dengan fiqih ibadah yang relevan dengan materi Pendidikan Agama Islam khususnya materi fiqih. 2) Metode penguatan Pendidikan Agama Islam melalui kajian kitab Safinatunnajah di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso ialah metode wetonan, metode ceramah, dan metode tanya jawab. Ketiga metode tersebut efektif. 3) Hasil penguatan Pendidikan Agama Islam melalui kajian kitab Safinatunnajah di SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso dapat meningkatkan tercapainya kompetensi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kajian kitab Safinatunnajah hanya diberikan pada siswi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 04:25 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 04:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28082 |
Actions (login required)
View Item |