Camelia, Shinta Nur Dina (2018) Penggunaan Media Holy Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SHINTA NUR DINA CAMELIA_084 131 479.pdf Download (6MB) |
Abstract
Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dan anak didik. Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan. Guru dengan sadar merencanakan kegiatan pengajaran secara sistematis dengan memanfaatkan segala sesuatunya guna kepentingan pengajaran. Karena yang menjadi subyek dan obyek pendidikan adalah semua manusia. Fokus penelitian dalam skripsi ini pertama, Bagaimana perencanaan penggunaan media Holy Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah? Kedua, Bagaimana pelaksanaan penggunaan media Holy Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di SMP Plus Darus Sholah? Ketiga, bagaimana evaluasi Penggunaan media Holy Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’ankelas VIII di SMP Plus Darus Sholah? Tujuan penelitian ini Pertama, untuk mendeskripsikan perencanaan penggunaan media Holy Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah Tegal. Kedua, untuk mendeskripsikan pelaksanaan Penggunaan media Holy Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di SMP Plus Darus Sholah Tegal. Ketiga, untuk mendeskripsikan evaluasi penggunan media Holy Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam menentukan sumber data menggunakan purposive sampling. Untuk mengumpulkan data digunakan metode sebagai berikut : a) observasi, b) interview dan c) dokumenter. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Kesimpulan penelitian ini adalah berdasarkan temuan penelitian yang telah dilakukan serta pembahasan hasil temuan dapat dikatakan bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam penggunaan media Holy Qur’an dibagi menjadi empat sub bab diantaranya tujuan, materi, langkahlangkah dan evaluasi. Sedangkan kesimpulan khususnya yaitu:(1)Perencanaan Penggunaan media Holy Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah sudah diterapkan dan disediakan waktu selama 2 jam pelajaran dalam seminggu dan menggunakan pedoman silabus dan RPP. (2) Pelaksanaan penggunaan media Holy Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah.mengenai materi yang dijelaskan guru dengan tiga pembahasan yang dibuat menjadi dua kali pertemuan, untuk pertemuan pertama menjelaskan tentang pengertian dan menerapkan hukum bacaan Qalqalah. Untuk pertemuan kedua menjelaskan tentang mencari, menemukan dan mengidentifikasi hukum bacaan Qalqalah dalam ayat-ayat pilihan kemudian mempraktikkannya. (3) Evaluasi Penggunaan media Holy Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis AL-Qur’an kelas VIII di SMP Darus Sholah. Hal yang perlu dievaluasi yaitu dengan menggunakan evaluasi formatif yang dibagi menjadi dua yaitu test dan non test.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 04:35 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 04:35 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28115 |
Actions (login required)
View Item |