Peran Guru dalam Pembinaan Hafalan Al-Qur’an Siswa di Kelas Tahfidz Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2017/2018.

Nurhasanah, Ulfi (2018) Peran Guru dalam Pembinaan Hafalan Al-Qur’an Siswa di Kelas Tahfidz Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ULFI NURHASANAH_ 084 141 106.pdf

Download (4MB)

Abstract

Guru merupakan seseorang yang memiliki tugas sangat mulia. Peran guru dalam proses belajar mengajar sangat penting karena guru sering dianggap yang paling bertanggung jawab terhadap kualitas pendidikan. Guru juga menjadi panutan bagi para peserta didiknya seperti dalam hal berbuat baik, salah satunya menghafal Al-Qur’an. Cara menjaga kemurnian Al-Qur’an salah satunya adalah menghafalkannya. Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga adalah satu-satunya madrasah di kecamatan Senduro yang memiliki program tahfidz Al-Qur’an untuk siswa-siswanya. Empat tahun berdiri dan telah mencetak generasi-generasi muslim penghafal Al-Qur’an dengan dua guru khusus tahfidz. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana peran guru sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing dalam pembinaan hafalan Al-Qur’an siswa di kelas tahfidz MTs Sunan Kalijaga Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing dalam pembinaan hafalan Al-Qur’an siswa di kelas tahfidz MTs Sunan Kalijaga Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research dengan subjek penelitian menggunakan teknik purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/ verifikasi. Adapun dalam menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulai teknik. Penelitian ini menghasilkan: (1) Peran guru sebagai pendidik dalam pembinaan hafalan Al-Qur’an siswa yakni (a) membentuk siswa yang lebih baik dalam segi akhlak maupun tingkah laku dan bertanggung jawab terhadap tindakannya (b) bertanggung jawab mendisiplinkan siswa agar menjadi patuh dan dapat menghafal dan menjaga hafalan Al-Qur’an dengan baik dan benar, dan (c) guru bertindak sebagai orang tua ke dua bagi siswanya. (2) Peran guru sebagai pengajar dalam pembinaan hafalan Al-Qur’an siswa yakni (a) guru berusaha membuat sesuatu lebih jelas untuk para siswanya (b) merencanakan pengajaran (c) mengelola kelas (d) mengawasi, dan (e) memotivasi. (3) Peran guru sebagai pembimbing dalam pembinaan hafalan Al-Qur’an siswa yakni (a) harus senantiasa menjalin hubungan yang baik dengan peserta didiknya (b) membantu siswa mengenali dirinya dan lingkungannya , dan (c) memberikan penilaian pekerjaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:36
Last Modified: 14 Aug 2023 04:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28118

Actions (login required)

View Item View Item