“Implementasi Pendalaman Materi Pelajaran Fikih Ibadah melalui Kajian Kitab Fiqh Al-Wadhih di Pasca Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Yayasan Islam Nahdlatuth Thalabah (Yasinat) Jember Tahun 2017.”

Maslukah, Siti (2018) “Implementasi Pendalaman Materi Pelajaran Fikih Ibadah melalui Kajian Kitab Fiqh Al-Wadhih di Pasca Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Yayasan Islam Nahdlatuth Thalabah (Yasinat) Jember Tahun 2017.”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI MASLUKAH_ 084 131 403.pdf

Download (95MB)

Abstract

Di kecamatan Wuluhan terdapat lembaga pendidikan non formal, yaitu Pasca Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Yasinat. Proses pembelajarannya dilaksanakan pada sore hari, pada pukul 15.00 hinggga pukul 16.30 Wib. Dalam pelaksanaan pembelajaran di Pasca Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) ini, santri lebih ditekankan pada mengartikan kitab menggunakan Arab pego. Selain mengartikan kitab, santri harus bisa mempraktikkan isi kitab, khususnya kitab yang berkaitan dengan Fikih Ibadah. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pendalaman materi pelajaran fikih ibadah melalui kajian Kitab Fiqh Al-Wadhih di Pasca Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Yasinat Jember Tahun 2017? 2) Bagaimana pelaksanaan pendalaman materi pelajaran fikih ibadah melalui kajian Kitab Fiqh Al-Wadhih di Pasca Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Yasinat Jember Tahun 2017? 3) Bagaimana evaluasi pendalaman materi pelajaran fikih ibadah melalui kajian Kitab Fiqh Al-Wadhih di Pasca Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Yasinat Jember Tahun 2017?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pendalaman materi pelajaran fikih ibadah melalui kajian Kitab Fiqh Al-Wadhih di Pasca Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Yasinat Jember Tahun 2017. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pendalaman materi pelajaran fikih ibadah melalui kajian Kitab Fiqh Al-Wadhih di Pasca Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Yasinat Jember Tahun 2017. 3) Mendeskripsikan evaluasi pendalaman materi pelajaran fikih ibadah melalui kajian Kitab Fiqh Al-Wadhih di Pasca Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Yasinat Jember Tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di Pasca Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Yayasan Islam Nahdlatut Tholabah (Yasinat) Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun temuan dari penelitian ini yaitu: (1), Perencanaan pendalaman materi pelajaran fikih ibadah melalui kajian Kitab Fiqh Al-Wadhih di Pasca Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Yasinat Jember Tahun 2017 yaitu, melalui perencanaan kurikulum, penetapan program pendalaman materi, perencanaan materi yang diajarkan, perencanaan pengadaan media dan metode yang digunakan, dan perencanaan tenaga guru. (2), Pelaksanaan pendalaman materi pelajaran fikih ibadah melalui kajian Kitab Fiqh Al�Wadhih di Pasca Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Yasinat Jember Tahun 2017 yaitu, dilakukan dengan langkah menbuka pelajaran, menyampaikan materi pelajaran, dan menutup pelajaran. Dalam proses belajar, ustadz didampingi oleh guru bantu yang membantu untuk mengajar, selain itu santri juga diwajibkan mencatat materi selama proses belajar. (3), Evaluasi pendalaman materi pelajaran fikih ibadah melalui kajian Kitab Fiqh Al-Wadhih di Pasca Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Yasinat Jember Tahun 2017 yaitu, menggunakan dua sisi penilaian yaitu, penilaian proses belajar yang diperoleh saat penyampaian materi, dan penilaian hasil belajar yang didapatkan melalui ujian cawu dan ujian akhir tahun pelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Aug 2023 08:10
Last Modified: 14 Aug 2023 08:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28123

Actions (login required)

View Item View Item