Hasanah, Zainatul (2018) Pendidikan Agama Islam bagi Anak dalam Keluarga Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) di Yonif Raider 515 Kostrad. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Zaimatul Hasanah_084 141 213.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan agama Islam adalah segala upaya atau proses pendidikan yang dilakukan untuk membimbing tingkah laku manusia baik individu maupun sosial, untuk mengarahkan potensi, baik potensi dasar (fitrah) melalui proses intelektual dan spiritual berlandaskan nilai-nilai Islam untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Pendidikan agama Islam hendaknya ditanamkan sejak dini mungkin, pada lingkungan keluarga. Karena keluarga merupakan pendidikan pertama yang mempengaruhi kondisi anak. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apa saja materi pendidikan agama Islam bagi anak dalam keluarga Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) di Yonif Raider 515 Kostrad? 2) Apa saja metode pendidikan agama Islam bagi anak dalam keluarga Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) di Yonif Raider 515 Kostrad? 3) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam bagi anak dalam keluarga Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) di Yonif Raider 515 Kostrad? Tujuan penelitian: 1) Untuk mendeskripsikan materi pendidikan agama Islam bagi anak dalam keluarga Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) di Yonif Raider 515 Kostrad. 2) Untuk mendeskripsikan metode pendidikan agama Islam bagi anak dalam keluarga Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) di Yonif Raider 515 Kotrad. 3) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam bagi anak dalam keluaraga Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat ( TNI AD) di Yonif Raider 515 Kostrad. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta untuk mengecek data dan validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Materi pendidikan agama Islam dalam keluarga TNI AD Yonif Raider 515 Kostrad ada empat materi yaitu Aqidah, Ibadah, Akhlak, dan membaca Al-Qur’an. 2) Metode pendidikan agama Islam dalam keluarga TNI AD Yonif Raider 515 Kostrad untuk anak-anaknya seperti metode keteladanan, metode dengan memberikan perhatian, metode dengan perumpamaan, metode dengan pembiasaan, metode dengan memberikan punishment dan metode dengan memberikan reward. 3) faktor- faktor pendukung dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam keluarga TNI AD Yonif Raider 515 Kostrad yaitu keluarga yang men-support pendidikan anaknya, sekolah yang menanamkan nilai-nilai ajaran Islam dalam kegiatan mengajar, dan masyarakat yang kental dengan ajaran-ajaran agama Islam . Sedangkan faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam keluarga TNI AD Yonif Raider 515 Kostrad yaitu pemahaman keagamaan orang tua yang terbatas, kurangnya perhatian orang tua, kondisi ekonomi orang tua yang rendah atau pas-pasan, kondisi lingkungan yang acuh tak acuh terhadap pendidikan agama Islam serta media massa yang tidak edukatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 08:14 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 08:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28147 |
Actions (login required)
View Item |