Pembiasaan Hidup Bersih melalui Program Kelas Paling Bersih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jember Manggisan Tanggul Tahun Pelajaran 2017-2018

Hasanah, Zahrotul (2019) Pembiasaan Hidup Bersih melalui Program Kelas Paling Bersih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jember Manggisan Tanggul Tahun Pelajaran 2017-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ZAHROTUL HASANAH_084 131 093.pdf

Download (9MB)

Abstract

Hidup bersih merupakan perbuatan yang harus diterapkan oleh seluruh umat manusia. Karena kebersihan merupakan pangkal dari iman, dan Allah menyukai orang-orang yang bersih. Di dalam lingkungan sekolah kebersihan sangatlah penting, untuk itu perlulah di terapkan sebuah kebiasaan untuk hidup bersih, seperti halnya MTs Negeri 3 Jember Manggisan Tanggul yang menerapkan program kelas paling bersih untuk membiasakan siswa hidup bersih terutama di lingkungan sekolah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembiasaan hidup bersih melalui program Kelas Paling Bersih (KPB) di MTs Negeri 3 Jember Manggisan Tanggul? (2) Apa saja faktor pendukung pelaksanaan pembiasaan hidup bersih melalui program Kelas Paling Bersih (KPB) di MTs Negeri 3 Jember Manggisan Tanggul? (3) Apa saja faktor penghambat pelaksanaan pembiasaan hidup bersih melalui program Kelas Paling Bersih (KPB) di MTs Negeri 3 Jember Manggisan Tanggul?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembiasaan hidup bersih melalui program Kelas Paling Bersih (KPB) di MTs Negeri 3 Jember Manggisan Tanggul (2) Untuk mendeskripsikan apa saja faktor pendukung pelaksanaan pembiasaan hidup bersih melalui program Kelas Paling Bersih (KPB) di MTs Negeri 3 Jember Manggisan Tanggul (3) Untuk mendeskripsikan apa saja faktor penghambat pelaksanaan pembiasaan hidup bersih melalui program Kelas Paling Bersih (KPB) di Mts Negeri 3 Jember Manggisan Tanggul Berdasarkan fokus penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menurut Miles dan Huberman terdiri dari tiga alur: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik atau metode. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan (1) pelaksanaan pembiasaan hidup bersih melalui program kelas paling bersih di MTs Negeri 3 Jember: a) sosialisasi, b) menyusun jadwal piket kelas, c) menentukan kriteria penilaian kelas paling bersih dengan kriteria penilaian: kelengkapan kelas, kebersihan dan keindahan, d) menugaskan tim penilai, e) menyiapkan hadiah atau reward. (2) Faktor pendukung pelaksanaan pembiasaan hidup bersih melalui program kelas paling bersih (KPB) di MTs Negeri 3 Jember Manggisan Tanggul: persetujuan kepala sekolah serta fasilitas untuk menunjang kebersihan (3) Faktor penghambat pelaksanaan pembiasaan hidup bersih melalui program kelas paling bersih (KPB) di MTs Negeri 3 Jember Manggisan Tanggul: minat siswa, dan keterbatasan dana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:26
Last Modified: 15 Aug 2023 03:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28172

Actions (login required)

View Item View Item