Pengaruh Aset, Dana Pihak Ketiga (DPK), Dan Pembiayaan Yang Diberikan (PYD) Terhadap Market Share Perbankan Syariah Di Indonesia Tahun 2012 - 2016 (Bank Umum Syariah Dan Unit Usaha Syariah)

Jannah, Duwi Rodhotul (2018) Pengaruh Aset, Dana Pihak Ketiga (DPK), Dan Pembiayaan Yang Diberikan (PYD) Terhadap Market Share Perbankan Syariah Di Indonesia Tahun 2012 - 2016 (Bank Umum Syariah Dan Unit Usaha Syariah). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DUWI RODHOTUL JANNAH_ 083 143 228.pdf

Download (6MB)

Abstract

Meningkatnya aset, dana pihak ketiga dan pembiayaan yang diberikan, menggambarkan perkembangan keuangan syariah di Indonesia. Namun market share perbankan syariah baru mencapai 5,33% per Desember 2016 dari seluruh perbankan nasional. Hal ini dapat dikatakan bahwa pertumbuhan market share masih kecil. Dengan market share yang masih kecil tentunya perbankan syariah masih belum menguasai keuangan secara global. Dimana dengan populasi penduduk Indonesia yang mayoritas muslim diharapkan dapat meningkatkan market share dan mengembangkan keuangan syariah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1. Apakah aset, dana pihak ketiga (DPK) dan pembiayaan yang diberikan (PYD) secara simultan berpengaruh terhadap market share perbankan syariah di Indonesia? 2. Apakah aset, dana pihak ketiga (DPK) dan pembiayaan yang diberikan (PYD) secara parsial berpengaruh terhadap market share perbankan syariah di Indonesia?. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui pengaruh aset, dana pihak ketiga (DPK) dan pembiayaan yang diberikan (PYD) secara simultan terhadap market share perbankan syariah di Indonesia 2. Untuk mengetahui pengaruh aset, dana pihak ketiga (DPK) dan pembiayaan yang diberikan (PYD) secara parsial terhadap market share perbankan syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah BUS dan UUS di Indonesia. Data yang digunakan adalah laporan keuangan bulanan perbankan syariah yang diperoleh dari Statistik Perbankan Syariah (SPS), Statistik Perbankan Indonesia (SPI) tahun 2012 – 2016 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BI. Metode analisis dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aset, dana pihak ketiga (DPK) dan pembiayaan yang diberikan (PYD) secara simultan berpengaruh terhadap market share dengan nilai Fhitung(91,443) > Ftabel(2,77) dan signifikansi sebesar 0,000. Secara keseluruhan variabel aset, dana pihak ketiga (DPK) dan pembiayaan yang diberikan (PYD) mampu menjelaskan pengaruhnya sebesar 82,1%. Sedangkan aset, dana pihak ketiga (DPK) dan pembiayaan yang diberikan (PYD) secara parsial berpengaruh terhadap market share, karena nilai thitung > ttabel dengan masing-masing nilaithitung sebesar2,441, 3,224 dan 2,741 dan nilai ttabel sebesar 2,003. Kata Kunci: Aset, Dana Pihak Ketiga (DPK), Pembiayaan Yang Diberikan (PYD), Market Share Perbankan Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:36
Last Modified: 15 Aug 2023 03:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28174

Actions (login required)

View Item View Item