Perlindungan Nasabah Pengguna Internet Banking Dari Cybercrime (Studi Kasus di BRI Unit Sempusari Jember)

Faturrohmah, Willy (2018) Perlindungan Nasabah Pengguna Internet Banking Dari Cybercrime (Studi Kasus di BRI Unit Sempusari Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WILLY FATURROHMAH_083 143 127.pdf

Download (8MB)

Abstract

Internet banking adalah suatu bentuk pemanfaatan media internet oleh bank untuk mempromosikan dan sekaligus melakukan transaksi secara online, baik dari produk yang sifatnya konvensional maupun yang baru. Di balik kemudahan yang didapat dari penggunaan internet banking, ada juga resiko yang di dapat dalam penggunaan layanan ini, oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui bagaimana perlindungan dan tanggung jawab yang diberikan oleh pihak bank terhadap nasabah pengguna internet banking. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perlindungan bank terhadap nasabah pengguna internet banking dari cybercrime di BRI Unit Sempusari Jember? 2) Bagaimana mekanisme perlindungan dan tanggung jawab yang diberikan oleh pihak bank terhadap nasabah yang mengalami masalah dalam penggunaan Internet Banking di BRI Unit Sempusari Jember? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perlindungan bank terhadap nasabah pengguna Internet Banking dari Cybercrime, dan juga untuk mengetahui mekanisme perlindungan dan tanggung jawab yang diberikan oleh pihak bank terhadap nasabah yang mengalami masalah dalam penggunaan Internet Banking. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) Perlindungan nasabah pengguna internet banking di BRI Unit Sempusari Jember sesuai dengan undangundang yang telah berlaku, yakni peraturan Undang-undang tentang Perbankan, Undang-undang tentang Perlindungan Konsumen, Undang-undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik serta peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/POJK.07/2013 Tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan. 2) Mekanisme perlindungan dan tanggung jawab BRI Unit Sempusari Jember sebagai penyelenggaraan layanan internet banking membebankan kepada nasabah agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan ketelitian dalam menggunakan layanan internet banking. Bila terjadi hal-hal yang mencurigakan atau akan menimbulkan ancaman dari cybercrime dalam penggunaan internet banking, maka nasabah dapat memberitahukan ke bank melalui call center (layanan 24 jam) yang tersedia ataupun bisa langsung mengajukan atau mengadukan secara tertulis ke CSO bank yang bersangkutan. Kata kunci: Perlindungan Nasabah, Internet Banking, Cybercrime.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:37
Last Modified: 15 Aug 2023 03:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28179

Actions (login required)

View Item View Item