Potret Interaksi Sosial Mahasiswa IAIN Jember dengan Masyarakat Karang Mluwo melalui Kegiatan Keagamaan Islam di lingkungan Karang Mluwo Desa Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun 2016.

Basri, Nur Muhammad Dul (2017) Potret Interaksi Sosial Mahasiswa IAIN Jember dengan Masyarakat Karang Mluwo melalui Kegiatan Keagamaan Islam di lingkungan Karang Mluwo Desa Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR MUHAMMAD DUL BASRI_084 123 073.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam Islam, Ukhuwah Islamiyah mempunyai makna persaudaraan dan kebersamaan. Oleh karena itu, hukumnya wajib mempererat tali persaudaraan antar sesama manusia melalui interaksi sosial terlebih pada sesama muslim. Fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana Potret Interaksi Sosial Mahasiswa IAIN Jember Dengan Masyarakat Karang Mluwo Pada Aspek Individu Melalui Kegiatan Keagamaan Islam di Lingkungan Karang Mluwo Desa Mangli Kec. Kaliwates Kab. Jember Tahun 2016? 2). Bagaimana Potret Interaksi Sosial Mahasiswa IAIN Jember Dengan Masyarakat Karang Mluwo Pada Aspek Kelompok Melalui Kegiatan Keagamaan Islam di Lingkungan Karang Mluwo Desa Mangli Kec. Kaliwates Kab. Jember Tahun 2016? Tujuan penelitian ini adalah: 1). untuk mendeskripsikan potret interaksi sosial mahasiswa IAIN Jember dengan masyarakat Karang Mluwo pada aspek Individu melalui kegiatan keagamaan Islam di Lingkungan Karang Mluwo Desa Mangli Kec. Kaliwates Kab. Jember Tahun 2016; 2), untuk mendeskripsikan potret interaksi sosial mahasiswa IAIN Jember dengan masyarakat Karang Mluwo pada aspek Individu melalui kegiatan keagamaan Islam di Lingkungan Karang Mluwo Desa Mangli Kec. Kaliwates Kab. Jember Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di Lingkungan Karang Mluwo Desa Mangli Kec. Kaliwates Kab. Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini menghasilkan: 1). Potret interaksi sosial mahasiswa IAIN Jember dengan masyarakat Karang Mluwo pada aspek Individu melalui kegiatan keagamaan Islam di Lingkungan Karang Mluwo Desa Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun 2016 terjadi secara langsung dan spontanitas. Dimana wujud dari interaksi sosial antara mahasiswa IAIN Jember dengan masyarakat Karang Mluwo pada aspek individu berbentuk tegur sapa, mengucap salam, dan melakukan kegiatan silaturrahmi, seperti melakukan kunjungan terhadap warga, menjenguk warga yang sakit, mengadakan sharing keagamaan dan konsultasi aktivitas sehari-hari; 2). Potret interaksi sosial mahasiswa IAIN Jember dengan masyarakat Karang Mluwo pada aspek kelompok melalui kegiatan keagamaan Islam di Lingkungan Karang Mluwo Desa Mangli Kec. Kaliwates Kab. Jember Tahun 2016 dilakukan secara kelompok dengan mengatasnamakan organisasi intra maupun ekstra, organisasi daerah, perkumpulan dari pesantren mahasiswa, dan komunitas mahasiswa. Adapun bentuk-bentuk interaksi sosial mahasiswa secara kelompok dengan masyarakat Karang Mluwo melalui kegiatan keagamaan Islam antara lain yaitu melalui mengajar di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA), pengajian, peringatan hari besar Islam, kegiatan amil zakat, dan kegiatan buka bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:02
Last Modified: 16 Aug 2023 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28215

Actions (login required)

View Item View Item