“Implementasi Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa di MTs Darussalam Jember Tahun Pelajaran 2017/2018”

Mubaroq, Ahmad Rusdi (2017) “Implementasi Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa di MTs Darussalam Jember Tahun Pelajaran 2017/2018”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AHMAD RUSDI MUBAROQ_084131103.pdf

Download (3MB)

Abstract

Proses belajar mengajar di madrasah, merupakan poin penting dalam tercapainya keberhasilan pendidikan. Oleh karena itu pendekatan pembelajaran yang diterapkan guru merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Pemilihan metode pembelajaran sangat menentukan kualitas pengajaran dalam proses belajar mengajar yang mencapai kualitas pengajaran yang tinggi setiap mata pelajaran khususnya fiqih harus di organisasikan dengan metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Implementasi Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Tahun Pelajaran 2017/2018, 2) Untuk mendeskripsikan Implementasi Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) untuk meningkatkan hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Tahun Pelajaran 2017/2018, 3) Untuk mendeskripsikan Implementasi Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) untuk meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif analisis. Penentuan informannya menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitiannya adalah: 1) Implementasi Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Darussalam Tahun Pelajaran 2017/2018, temuannya adalah bahwa hasil belajar fiqih siswa penilaian yang di capai yaitu pengetahuan, pemahaman dan penerapan siswa. 2) Implementasi Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) dalam meningkatkan hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Darussalam Tahun Pelajaran 2017/2018, temuannya adalah bahwa hasil belajar afektif siswa adalah suatu sikap atau perilaku peserta didik dalam kesungguhannya mengikuti mata pelajaran fiqih. 3) Implementasi Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Darussalam Tahun Pelajaran 2017/2018, temuannya adalah bahwa hasil belajar psikomotorik siswa merupakan keterampilan atau skill siswa, dan juga bisa disebut dengan ranah yang berhubungan dengan aktivitas fisik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:03
Last Modified: 16 Aug 2023 07:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28220

Actions (login required)

View Item View Item