Pengaruh Curent Ratio (CR), Debt To Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2016

Novilia, Irma (2018) Pengaruh Curent Ratio (CR), Debt To Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Irma Novilia_083144151.pdf

Download (39MB)

Abstract

Saham merupakan salah satu instrumen pasar keuangan yang paling populer. Sebelum melakukan investasi, pemodal perlu mengetahui informasi mengenai perubahan harga saham yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Bagi seseorang yang ingin melakukan investasi yang menguntungkan setidak-tidaknya untuk mengamankan kekayaan dari berbagai risiko yang mungkin terjadi. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: 1) Apakah Curent Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia? 2) Apakah Curent Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia? Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Untuk mengetahui apakah Curent Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 2) Untuk mengetahui apakah Curent Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian ini adalah penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data arsip yang berupa data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2016. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa Curent Ratio (CR) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan nilai signifikansi sebesar 0,036. Debt to Equity Ratio (DER) secara pasrsial tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan nilai signifikansi sebesar 0,508. Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) secara pasrsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan nilai signifikansi bertutut-turut sebesar 0,006 dan 0,000. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan nilai signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Jadi Curent Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Kata kunci: Curent Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), dan Harga Saham.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:05
Last Modified: 16 Aug 2023 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28237

Actions (login required)

View Item View Item