Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak Usia Dini melalui media Kolase kelompok B di Raudlotul Athfal Riyadus Sholihin Pindok Miri kabupaten jember tahun pelajaran 2018/2019

Rosidah, Ms. (2019) Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak Usia Dini melalui media Kolase kelompok B di Raudlotul Athfal Riyadus Sholihin Pindok Miri kabupaten jember tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rosidah_T201511111.pdf

Download (16MB)

Abstract

Perkembangan kemampuan anak usia dini yang sedang berkembang di RA Riyadhus Sholihin adalah kemampuan motorik halus belum berkembang secara optimal misalnya dapat dilihat dengan adanya melipat yang harus dibantu guru, menggunting belum sesuai pola, sehingga guru mengambil langkah dalam meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase. . Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan media kolase dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini kelompok B di RA Riyadlus Sholihin kabupaten Jember? 2) Apa faktor penghambat dan solusi pelaksanaan media kolase dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia dini kelompok B di RA Riyadhus Sholihin kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pelaksanaan media kolase dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini kelompok B di RA Riyadlus Sholihin kabupaten jember. 2) Medeskripsikan faktor penghambat dan solusi pelaksanaan media kolase dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia dini kelompok B di RA Riyadhus Sholihin Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif dengan lokasi peneliatian RA Riyadhus Sholihin, Penentuan informan menggunakan teknik Purposive, Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian adalah observasi,wawancara dan dokumentasi.Adapun analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan menyimpulkan data.Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi tekhnik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat penulis simpulkan 1) pelaksanaan media kolase dalam meningkatkan kemampuan motorik halus yaitu guru menerapkan langkah langkah dalam pelaksanaan dimana guru menyiapkan atau merncanakan gambar yang akan dibuat, guru memberikan materi dan mengenalkan nama nama alat yang akan digunakan dan yang terakhir guru melakukan evaluasi kembali terhadap anak, 2) faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan media kolase pada anak kelompok B dilakukan dengan cara guru memahami dan menindak lanjuti apa yang menjadi penghambat dalam kegiatan media kolase dan menyediakan serta memfalitasi media kolase dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:06
Last Modified: 16 Aug 2023 07:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28240

Actions (login required)

View Item View Item