Peran PT. PP Jember Indonesia Perkebunan Widodaren Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember.

Hariyanto, Mr (2018) Peran PT. PP Jember Indonesia Perkebunan Widodaren Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HARIYANTO_ 083 134 050.pdf

Download (21MB)

Abstract

Kesejahteraan merupakan salah satu aspek yang cukup penting untuk menjaga dan membina stabilitas sosial dan ekonomi. Dimana kondisi tersebut juga dipeperlikan untuk meminimalkan terjadinya kecemburuan sosial dalam masyarakat. Maka setiap individu membutuhkan kondisi yang sejahtera, baik sejahtera dalam hal materil dan dalam hal non materil sehingga dapat tercipta suasana yang harmonis dalam bermasyarakat. Untuk mempermudah proses penelitian ini, maka peneliti membuat fokus masalah diantaranya:1) Bagaimana peran PT. PP Jember Indoneia Perkebunan Widodaren dalam usaha mensejahterakan masyarakat Badean Bangsalsari Jember. 2) Apa saja hambatan PT. PP Jember Indonesia Perkebunan Widodaren dalam mensejahterakan masyarakat Badean Bangsalsari Jember. 3) Bagaimana Solusi yang dilakukan PT. PP Jember Indonesia Perkebunan Widodaren dalam mensejahterakan masyarakat Badean Bangsari Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran PT. PP Jember Indoneia dalam usaha mensejahterakan masyarakat Badean Bangsalsari Jember. 2) Untuk mengetahui hambatan PT. PP Jember Indonesia Perkebunan Widodaren dalam upaya mensejahterakan masyarakat Badean Bangsalsari Jember. 3) Untuk mengetahui solusi yang dilakukan PT. PP Jember Indonesia Perkebunan Widodaren dalam mensejahterakan masyarakat Badean Bangsari Jember. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Peran PT. PP Jember Indonesia Perkebunan Widodaren dalam mensejahterakan Masyarakat Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember sangatlah besar selain telah memberikan penghasilan tetap dan tempat tinggal PT. PP Jember Indonesia Perkebunan Widodaren juga memberikan sarana dan prasarana penunjang lainnya seperti: Mendirikan koprasi simpan pinjam, Tunjangan hari raya, Jamsostek, Posyandu, lahan untuk pertanian, sarana tempat olahraga dan lain-lain. 2) Hambatan yang di hadapi oleh perusahaan PT. PP Jember Indonesia Perkebunan Widodaren dalam mensejahterakan masyarakat Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember yaitu keterbatasan dana dari perusahaan. dan juga minimnya pendidikan dan kualitas sumber daya masyarakat itu sendiri. dan juga kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkuangan. 3) Solusi perusahaan PT. PP Jember Indonesia Perkebunan Widodaren dalam mensejahterakan masyarakat desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember ialah memberikan penyuluhan dan pelatihan guna meningkatkan kualitas SDM itu sendiri. sedangkan untuk solusi hambatan dari faktor internal perusahaan yaitu meningkatkan hasil produksi dengan cara menambahkan tanaman perkebunan dan perawatan yang teratur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:24
Last Modified: 16 Aug 2023 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28290

Actions (login required)

View Item View Item