Pembinaan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Gobak Sodor Kelompok B Raudlotul Athfal Miftahul Ulum Tahun Pelajaran 2018/2019

Nisam, Mr. (2019) Pembinaan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Gobak Sodor Kelompok B Raudlotul Athfal Miftahul Ulum Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nisam_T201511087.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan motorik merupakan suatu aktivitas yang tak kunjung habis dan sekaligus sebagai ciri masa pertumbuhan dan perkembangan anak secara normal dan faktor yang sangat penting dalam perkembangan individu secara keseluruhan. Secara khusus perkembangan motorik manusia ini bertujuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dirinya dalam membina fisik/jasmani, sosial maupun psikologi dan mengembangkan potensinya yang memiliki karakter unik untuk mencapai kematangan secara optimal agar dapat menjadi manusia berkepribadian utuh. Maka dalam hal ada beberapa fokus masalah yang akan diteliti. Fokus masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pembinaan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan gobak sodor kelompok B RA. Miftahul Ulum? 2) Apa saja faktor penghambat dan solusi pembinaan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan gobak sodor kelompok B RA. Miftahul Ulum? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pembinaan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan gobak sodor kelompok B RA. Miftahul Ulum 04 2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan solusi pembinaan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan gobak sodor kelompok B RA. Miftahul Ulum. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenisnya penelitian lapangan, menentukan subyek penelitian sebagai informan, teknik pengumpulan data diantaranya; observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah itu menganalisis data sesuai data yang ditemui dilapangan, dan sentuhan terakhir adalah keabsahan data. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) Permainan gobak sodor memberikan manfaat yang baik dengan menggerakkan seluruh anggota tubuh pada anak, dan permainan ini dapat meningkatkan motorik kasar anak secara bertahap; 2) ada beberapa macam hambatan yang terjadi selama permainan berlangsung, terutama berkaitan dengan pelaksanaan permainan. Maka guru harus mencontohkan terlebih dahulu berkaitan dengan permainan gobak sodor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:51
Last Modified: 18 Aug 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28301

Actions (login required)

View Item View Item