Hasanah, Miftahul (2016) Pengaruh Iklan Kecantikan di Media Televisi Terahadap Persepsi Kecantikan Bagi Remaja Putri di Desa Kapuran Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
MIFTAHUL HASANAH_ 082 121 006.pdf Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh maraknya iklan di televisi sebagai salah satu bentuk promosi yang dilakukan oleh para produsen dalam rangka memperkenalkan produk yang mereka keluarkan khususnya produk kecantikan kepada masyarakat. Salah satu bentuk iklan yang seringkali ditemui di televisi adalah iklan produk kecantikan yang banyak menampilkan model perempuan sebagai representasi produk mereka. Penelitian mengenai iklan kecantikan di televisi mengacu pada pengukuran pencitraan penampilan fisik yang di anggap ideal dalam masyarakat yaitu memiliki kriteriaseperti kulit putih, tunuh langsing, hidung mancung dan rambut lurus. Pencitraan perempuan seperti itu menimbulkan kegelisahan, khususnya bagi remaja putri yang secara lahiriyah tidak memiliki kriteriakriteria tersebut. Dengan perasaan memiliki kekurangan didalam segi fisik membuat mereka mencari informasi untuk menutupi kekurangannya, salah satu inforamsi yang mereka dapatkan adalah dari iklan kecantikan di televisi yang memiliki kemampuan untuk menarik perhatian para remaja putri untuk mengkonsumsi produk-produk kecantikan yang di tawarkan.Penelitian ini dilakukan di Desa Kapuran, kecamatan Wonosari kabupaten Bondowoso. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) apakah ada pengaruh yang ditimbulkan dari iklan kecantikan di media televisi terhadap persepsi kecantikan bagi remaja putri di desa Kapuran kecamatan Wonosari kabupate Bondowoso? 2) Seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan oleh iklan kecantikan di televisi terhadap persepsi kecantikan bagi remaja putri di desa Kapuran kecamatan Wonosari kabupate Bondowoso? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh iklan kecantikan di televisi terhadap persepsi kecantikan bagi remaja putri di desa Kapuran kecamatan Wonosari kabupate Bondowoso. Serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklan kecantikan di televisi terhadap persepsi kecantikan fisik bagi remaja putri di desa Kapuran kecamatan Wonosari kabupate Bondowoso. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif jenis fiel research (penelitian lapangan). Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji signifikansi. Serta uji koefisien determinasi (R2 ). Data primer diperoleh melalui kuesioner dengan pengambilan responden dilakukan dengan teknik pur posive Sampling. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui reffresensi yang digunakan sebagai rujukan dalam penelitian ini. Data yang diperoleh dari kuesioner diolah dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa iklan kecantikan di televisi sangat berpengaruh terhadap persepsi kecantikan bagi remaja putri di desa Kapuran kecamatan Wonosari kabupaten Bondowoso dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Dan berdasarkan hasil uji parsial terlihat hasil t hitung sebesar 30,798 dengan t tabel 1,66055 yang lebih kecil dari t hitung. Sedangkan besar pengaruhnya dapat dilihat dari uji koefisien determinasi (R2 ) sebesar 90,5% sedangkan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1003 Industrial Biotechnology > 100399 Industrial Biotechnology not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 07:07 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 07:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28371 |
Actions (login required)
View Item |