Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Harian Lepas Petik Kopi Di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Menurut Undang-Undang No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan Dan Hukum Islam.

ANGGRAINI, ANITA DEWI (2017) Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Harian Lepas Petik Kopi Di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Menurut Undang-Undang No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan Dan Hukum Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anita Dewi Anggraini_083132023.pdf

Download (14MB)

Abstract

Perlindungan hukum terhadap pekerja harian lepas berarti membahas mengenai hak-hak pekerja/buruh setelah melaksanakan kewajibannya. Dalam pelaksanaan perlindungan hukum terhadap pekerja harian lepas haruslah sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku yaitu Undang-undang No. 13 tahun 2003. Pekerja harian lepas adalah pekerja yang diikat dengan hubungan kerja dari hari-kehari dan menerima upah sesuai dengan banyaknya hari kerja, atau jam kerja atau banyak barang atau jenis pekerjaan yang disediakan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana kondisi pekerja harian lepas petik kopi di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember? 2) Bagaimana tinjauan Undang-undang Nomer 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan terhadap perlindungan hukum pekerja harian lepas petik kopi di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember? 3) Bagaimana pandangan Hukum Islam terhadap perlindungan hukum pekerja harian lepas petik kopi di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan perlindungan hukum terhadap pekerja harian lepas petik kopi di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember menurut undang-undang no 13 tahun 2003 dan hokum Islam. Penelitian ini tergolong jenis penelitian empiris yaitu dengan cara mengamati fakta-fakta hukum yang berlaku ditengah-tengah masyarakat, dimana hal ini mengharuskan pengetahuan untuk dapat diamati dan dibuktikan secara terbuka. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yakni suatu pendekatan yang dilakukan untuk memahami fenomena yang terjadi pada subyek penelitian dengan menyajikan data subyek penelitian tersebut dalam bentuk katakata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerja harian lepas petik kopi di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember mengenai perlindungan hukum dilihat dari perjanjian kerja masih dibuat secara lisan yang disepakati kedua belah pihak dan tunjangan-tunjangan lain seperti jaminan keselamatan dan kesehatan kerja di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember belum sepenuhnya sesuai dengan Undang-undang No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Pengaturan hukum Islam juga bel um sesuai berdasarkan perlindungan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Pekerja Harian Lepas, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:09
Last Modified: 21 Aug 2023 02:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28399

Actions (login required)

View Item View Item