Perlindungan Hukum Terhadap Kreditur Sebagai Pemegang Hak Tanggungan Atas Sengketa Kepemilikan Objek Jaminan Hak Tanggungan (Studi Putusan No: 94/ Pdt.G/ 2012/ Pn. Jember)

Noviandi, M. Kholilur Rohman (2018) Perlindungan Hukum Terhadap Kreditur Sebagai Pemegang Hak Tanggungan Atas Sengketa Kepemilikan Objek Jaminan Hak Tanggungan (Studi Putusan No: 94/ Pdt.G/ 2012/ Pn. Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Kholilur Rohman Noviandi_083 142 022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kredit adalah penyedian uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, bedasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain. Dalam memberikan kredit, bank wajib mempunyai keyakinan bedasarkan analisis dan meminta jaminan dari pemohon kredit. Selanjutnya, perjanjian kredit antara para pihak, salah satu jaminan yang diagunkan ialah bangunan rumah yang ada diatasnya terletak di Kel. Sumbersari, Kec. Sumbersari, Jember. Seiring berjalannya waktu salah satu pihak tidak melaksanakan kewajibannya selanjutnya disebut kredit macet. Atas dasar tersebut maka kreditur mempunyai kewenangan istimewa sebagaimana ketentuan UUHT untuk mengeksekusi jaminan tersebut sebagai pelunasan utang-utangnya. Fokus kajian dalam penelitian ini ialah 1) Bagaimana duduk perkara dalam putusan perkara No. 94/ Pdt.G/ 2012/ PN. Jb ? 2) Bagaimana ratio decidendi dalam putusan perkara No.94/ Pdt.G/ 2012/ PN. Jb ? 3) Bagaimana perlindungan hukum terhadap kreditur sebagai pemegang hak tanggunganatas sengketa kepemilikan objek jaminan hak tanggungan dalam putusan perkara No. 94/ Pdt.G/ 2012/ PN. Jb ?. Adapun tujuan penelitian ini ialah 1) Untuk mengetahui duduk perkara dalam putusan perkara No. 94/ Pdt.G/ 2012/ PN. Jb. 2) Untuk mengetahui ratio decidendi dalam putusan No. 94/ Pdt.G/ 2012/ PN. Jb. 3) Untuk memahami perlindungan hukum pemegang hak tanggungan atas sengketa kepemilikan objek jaminan hak tanggungan dalam putusan perkara No. 94/ Pdt.G/ 2012/ PN. Jb. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Undang-undang (statute approach), pendekatan kasus (case approach), dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Dan sumber penelitiannya yaitu primer dan skunder .pengumpulan bahan hukum yaitu, mencari bahan-bahan hukum yang relavan terhadap isu yang dihadapi. Analisis bahan hukum menggunakan metode deduktif induktif. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa jual beli yang antara penggugat dan Moeljono adalah sah sebagaimana ketentuan KUHPerdata, dan menyatakan pengikatan hak tanggungan cacat hukum yang berakibat dikeluarkannya objek jaminan tersebut dari eksekusi. Meskipun telah terjadi perintah untuk mengelurakan tanah sengketa sebagai perjanjian tambahan (accesoir) dari suatu perjanjian pokok yaitu perjanjian kredit, maka perjanjian pokok tidak menjadi hapus oleh karenanya. Berangkat dari ketentuan tersebut, kreditur masih memiliki hak untuk menuntut pelunasan hutang-hutangnya kepada debitur dengan menggunakan pasal jaminan umum yaitu Pasal 1131 KUH Perdata dengan melakukan sita jaminan (conservatoir beslag) terhadap harta benda debitur yang dinilai cukup berharga untuk pelunasan piutangnya kepada kreditur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180106 Comparative Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:11
Last Modified: 21 Aug 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28404

Actions (login required)

View Item View Item