”Tanggung Jawab Dalam pernikahan Janda dan Duda Terhadap Hak Asuh Anak di Desa Sumber Pinang KecamatanPakusari KabupatenJemberTahun 2017/2018”

akbar, naufal maulana (2018) ”Tanggung Jawab Dalam pernikahan Janda dan Duda Terhadap Hak Asuh Anak di Desa Sumber Pinang KecamatanPakusari KabupatenJemberTahun 2017/2018”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Naufal Maulana Akbar_083 141 047.pdf

Download (5MB)

Abstract

Manusia adalah makhluk yang sangat dimuliakan oleh Allah sehingga di dalam pernikahan ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia.Tanggung jawab dalam pernikahan janda dan duda terhadap hak asuh anak, yang mana kedua pasangan berkeinginan untuk membina rumah tangga yang baru,dan mengutamakan rasa kasih sayang anak-anaknya hasil dari pernikahan sebelumnya,agar tetap terpenuhi juga keinginan anak masih bisa mendapatkan kasih sayang seorang ibu dan ayah yang baru. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1). Bagaimana Motivasi yang terjadi dalam pernikahan Janda dan Duda di Desa Sumber Pinang Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun 2017/2018?. 2). Bagaimana Tanggung Jawab Hak Asuh Anak Menurut Perspektif KHI di Desa Sumber Pinang Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun 2017/2018? Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mendiskripsikan Motivasi yang terjadi dalam pernikahan janda dan duda di Desa Sumber Pinang Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun 2017/2018.2)Untuk mendiskripsikan tanggung jawab hak asuh anak dalam pernikahan janda dan duda menurut perspektif KHI di Desa Sumber Pinang Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun 2017/2018. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam skripsi ini adalah teknik observasi, interview dan dokumenter, dari data yang terkumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta selanjutnya data dianalisis dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini yaitu : 1) Motivasi yang terjadi dalam pernikahan Janda dan Duda di Desa Sumber Pinang Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun 2017/2018. pernikahan yang terjadi di Desa Sumber Pinang Kecamatan Pakusari merupakan kasih sayang kedua pasangan, untuk membina lagi rumah tangga yang baru bersama-sama dengan adanya pernikahan janda dan duda juga sebagai pandangan utama suami istri mengedapankan masa depan anak-anaknya, tidak hanya untuk kepentingan pribadi kedua pasangan. 2) Tanggung Jawab pernikahan Janda dan Duda Perspektif KHITerhadap Hak Asuh Anak di Desa Sumber Pinang Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun 2017/2018. Tanggup jawab terhadap hak asuh anak di Desa Sumber Pinang Kecamatan Pakusari merupakan keinginannya bersama merawat,mendidk anak-anaknya meskipun hasil dari pernikahan sebelumnya, melihat anak yang dibawa oleh pasangan duda masih dibawah umur 12 tahun butuhnya peran seorang ibu untuk mendampinginya bersama, setelah adanya pernikahan Janda dan Duda Terhadap Hak Asuh Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:11
Last Modified: 21 Aug 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28407

Actions (login required)

View Item View Item