IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DANA BOS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI KABUPATEN JEMBER (STUDI KASUS : DINAS PENDIDIKAN JEMBER)

Fauzan, Fauzan and Nurul, Setianingrum (2023) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DANA BOS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI KABUPATEN JEMBER (STUDI KASUS : DINAS PENDIDIKAN JEMBER). Al-Ikhlas, 9 (1). ISSN 2461-0992

[img] Text
IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DANA BOS.pdf

Download (200kB)
Official URL: https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AIJP/articl...

Abstract

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penyaluran anggaran bagi setiap sekolah di berbagai daerah khususnya Kabupaten Jember. Pendidikan yang berhasil tidak akan pernah tercapai tanpa peran aktif dari pemerintah. Peran yang dimaksud ialah berupa penyaluran sumber dana untuk pembiayaan kebutuhan Pendidikan. Kegiatan ini mencoba mengungkapkan lebih dalam terkait bagaimana implementasi pengelolaan Dana BOS serta pendistribusiannya yang sangat dibutuhkan masyarakat yang bersumber dari Dinas Pendidikan Kabupaten Jember. Sedangkan untuk tujuan dari kegiatan ini ialah menjawab permasalahan yang dirumuskan sebelumnya yakni terkait dengan pengelolaan dana Bos guna meningkatkan mutu pendidikan. Adapun khalayak sasaran pada kegiatan ini para pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Jember. Dari hasil kegiatan yang telah dilakukan melalui teknik wawancara in dept interview ditemukan bahwa Pengelolaan Dana Bos di Dinas Pendidikan Kabupaten Jember telah dijalankan sesuai peraturan pemerintah dan pada pendistribusiannya tidak terdapat hambatan yang berat. Selain itu, Dinas Pendidikan Jember juga melakukan beberapa upaya guna kelancaran proses pengelolaan Dana Bos seperti pengadaan seminar, workshop, dan program-program lainnya yang sangat bermanfaat dalam hal transparansi, dan kelancaran pengelolaan Dana Bos itu sendiri. Sehingga berdasarkan hal tersebut, masyarakat tidak mengalami kesulitan dan merasa sangat puas baik dalam hal pelayanan ataupun dari segi pembimbingan.

Item Type: Article
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law
Depositing User: Mr Fauzan Fauzan
Date Deposited: 24 Aug 2023 01:43
Last Modified: 24 Aug 2023 01:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28456

Actions (login required)

View Item View Item