Peran Revitalisasi Pada Produktivitas UMKM Di Alun-Alun Rambipuji Kabupaten Jember

Rahman, Dianitha (2023) Peran Revitalisasi Pada Produktivitas UMKM Di Alun-Alun Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DIANITHA RAHMAN_E20192309.pdf

Download (17MB)

Abstract

Kata Kunci : Revitalisasi, Produktivitas, UMKM.

Alun-alun adalah suatu tanah lapang terbuka yang luas dan dikelilingi oleh jalan sehingga dapat digunakan untuk kegiatan masyarakat yang beragam seperti bersantai dan berjualan. Seiring berjalannya waktu terdapat penurunan kondisi fisik sehingga mempengaruhi eksistensi Alun-alun. Salah satu cara untuk mengembalikan citra Alun-alun adalah dengan revitalisasi.
Fokus penelitian yang terdapat dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana produktivitas UMKM di Alun-alun Rambipuji Kabupaten Jember? 2) Bagaimana peran revitalisasi pada produktivitas UMKM di Alun-alun Rambipuji Kabupaten Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui UMKM produktivitas mereka di Alun-alun Rambipuji Kabupaten Jember. 2) Mengetahui peran revitalisasi pada produktivitas UMKM di Alun-alun Rambipuji Kabupaten Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan dalam menjawab fokus penelitian, penyusunan skripsi ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif, yaitu jenis penelitian yang dilakukan untuk mengeksplorasi dan mengklarifikasi tentang suatu fenomena atau kejadian pada masa sekarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data yang telah diperoleh akan dianalisis secara kualitatif deskriptif menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Produktivitas UMKM di Alun-alun Rambipuji Kabupaten Jember mengalami peningkatan dikarenakan kondisi setelah terjadinya revitalisasi mengalami perubahan infrastuktur dan peraturan sehingga kawasan di Alun-alun semakin menarik serta bertambahnya intensitas jumlah pengunjung yang mempengaruhi produktivitas dan pertumbuhan pendapatan para UMKM. 2) Peran revitalisasi pada produktivitas UMKM di Alun-alun Rambipuji Kabupaten Jember memberikan kemudahan antara pedagang dan konsumen untuk bertemu, memberikan kelancaran dalam perputaran perekonomian bagi UMKM serta meningkatkan kesejahteraan bagi UMKM sehingga mampu memenuhi kebutuhan biaya kebutuhan primer dan sekunder.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Dianitha Rahman
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:20
Last Modified: 12 Sep 2023 04:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28474

Actions (login required)

View Item View Item