Etos Kerja Masyarakat Nelayan dalam Perspektif Maqashid Syariah di Desa Pengambengan Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana

Chahyani, Dyah Ayu (2023) Etos Kerja Masyarakat Nelayan dalam Perspektif Maqashid Syariah di Desa Pengambengan Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dyah Ayu Chahyani_E20192015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dyah Ayu Chahyani, Nikmatul Masruroh, 2023: Etos Kerja Masyarakat Nelayan dalam Perspektif Maqashid Syariah di Desa Pengambengan Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana

Kata Kunci: Etos Kerja, Masyarakat Nelayan, Maqashid Syariah

Masyarakat nelayan harus memiliki etos kerja yang dapat menunjang aktivitas kerjanya. Etos kerja merupakan pokok-pokok ide atau pandangan hidup yang sudah mengakar dan sudah menjadi suatu kebiasaan di dalam masyarakat. Tingginya produktivitas masyarakat nelayan Desa Pengambengan sebagai tanda etos kerja yang baik dengan bertujuan mencapai kesejahteraan serta pentingnya kajian dalam perspektif maqashid syariah pada masyarakat nelayan muslim.
Fokus penelitian yang diteliti oleh peneliti pada skripsi ini yaitu: 1) bagaimana etos kerja masyarakat nelayan di Desa Pengambengan Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana?, 2) bagaimana etos kerja masyarakat nelayan dalam perspektif maqashid syariah di Desa Pengambengan Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana?.
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk: 1) untuk mengetahui etos kerja masyarakat nelayan di Desa Pengambengan Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana, 2) untuk mengetahui etos kerja masyarakat nelayan dalam perspektif maqashid syariah di Desa Pengambengan Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana.
Untuk meneliti dan mengolah data pada penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan menggambarkan seluruh data dan keadaan subjek maupun objek penelitian yang ada di lapangan. Di mana teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa, 1) Penerapan etos kerja masyarakat nelayan di Desa Pengambengan Kecamatan Negara kabupaten Jembrana dilakukan dengan penerapan indikator etos kerja yaitu, menghargai dan memanfaatkan waktu, komitmen, disiplin, dan bertanggung jawab, namun salah satu indikator yakni kejujuran belum terpenuhi karena ada beberapa nelayan yang lalai dalam pemenuhan indikator tersebut, 2) Penerapan etos kerja masyarakat nelayan dalam perspektif maqashid syariah di Desa Pengambengan Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana dilakukan dengan memelihara dan menjaga lima unsur pokok aspek dharuriyat yakni, memelihara agama, memelihara jiwa, memelihara akal, memelihara keturunan, dan memelihara harta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140208 Health Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Dyah Ayu Chahyani
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:01
Last Modified: 12 Sep 2023 04:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28476

Actions (login required)

View Item View Item