Mekanisme Produk Pembiayaan Modal Kerja Revolving Melalui Akad Musyarakah (Studi Kasus BSI KCP Gajah Mada Jember)

Rahmah, Faizatur (2023) Mekanisme Produk Pembiayaan Modal Kerja Revolving Melalui Akad Musyarakah (Studi Kasus BSI KCP Gajah Mada Jember). Undergraduate thesis, Uin Kyai Haji Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
FAIZATUR RAHMAH _E20191033.pdf

Download (3MB)

Abstract

Faizatur Rahmah, 2023 ”Mekanisme produk pembiayaan modal kerja revolving
melalui akad musyarakah pada Bank BSI KCP Gajah mada jember”. Kata Kunci: Pembiayaan, Revolving, Musyarakah.
Sebagaimana bank pada umumnya, Bank BSI KCP Gajah Mada jember menerapkan Pembiayaan modal kerja revolving yang merupakan pembiayaan yang bersifat kerjasama dengan mencampurkan modal mereka pada suatu usaha dengan pembagian keuntungan atau kerugian berdasarkan nisbah yang telah disepakati. Dalam mekanisme pelaksanaan pembiayaan modal kerja revolving melalui akad musyarakah oleh Bank syariah Indonesia ( BSI) dimaksudkan sebagai pembiayaan khusus untuk modal kerja, di mana dana dari bank merupakan bagian dari modal usaha nasabah dan keuntungan dibagi sesuai dengan nisbah yang disepakati. Pada pembiayaan musyarakah ada aspek teknis perbankan syariah, salah satunya yaitu bagi hasil yang dimana pembagian keuntungan berdasarkan hasil usaha sesuai dengan laporan keuangan nasabah. Sedangkan dalam prakteknya, bagi hasil tidak sesuai dengan hasil laporan keuangan nasabah, tetapi berdasarkan kesepakatan atas pembiayaan yang diberikan.
Permasalahan yang akan di bahas pada penelitian ini adalah ; 1) Bagaimana mekanisme produk pembiayaan modal kerja revolving melalui akad musyarakah di BSI KCP GAJAH MADA JEMBER? 2) Bagaimana pelaksanaan prinsip bagi hasil dalam produk pembiayaan modal kerja revolving melalui melalui akad musyarakah di BSI KCP GAJAH MADA JEMBER?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Mekanisme produk pembiayaan modal kerja revolving melalui akad musyarakah di BSI KCP GAJAH MADA JEMBER, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan prinsip bagi hasil dalam produk pembiayaan modal kerja revolving melalui akad musyarakah di BSI KCP GAJAH MADA JEMBER.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data. Kemudian data dianalisa menggunakan metode kualitatif yang bersifat purposive.Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Dengan keseluruhan penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) mekanisme produk pembiayaan modal kerja revolving yang di terapkan Bank BSI KCP Gajah Mada jember dimulai dari permohonan pembiayaan, evaluasi survei, persetujuan pembiayaan,kemudian dilakukan pengikatan akad musyarakah, dilanjutkan proses input dan pencairan, monitoring realisasi pembayaran bagi hasil perbulan dan akhir jatuh tempo nilai plafon mencukupi untuk ditarik maka pembiayaan selesai, 2) prinsip bagi hasil yang dilakukan Bank BSI KCP Gajah Mada jember yaitu bank mengambil keuntungan 10% dan nasabah 90%. dimana bagi hasil tersebut sudah sesuai dengan kesepakatan pada awal permohonan pengajuan pembiayaan modal kerja revolving.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Faizatur Rahmah
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:36
Last Modified: 14 Sep 2023 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28495

Actions (login required)

View Item View Item