Analisis Gaya Kepemimpinan Dalam Memotivasi Kerja Karyawan Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Jember

Hasanah, Mawaidatul (2023) Analisis Gaya Kepemimpinan Dalam Memotivasi Kerja Karyawan Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Uin Khas Kiai Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mawaidatul Hasanah_E20191243.pdf

Download (3MB)

Abstract

Suatu organisasi atau perusahaan pasti sangat membutuhkan seorang leader atau pemimpin. Seorang pemimpin yang efektif adalah seorang pemimpin yang dapat menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan produktif bagi para karyawan untuk mencapai sebuah kerja yang maksiamal. Dengan pemilihan atau penerapan gaya kepemimpinan sangat berpengaruh terhadap hasil kerja karyawan. Bahkan berkembang tidaknya sebuah organisasi atau perusahaan itu adalah suatu peran penting dari seorang pemimpin. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu, mempengaruhi, mengajak, mengatur para karyawannya serta mampu memberikan motivasi semangat kerja untuk tetap berprestasi dalam pekerjaannya dan melakukan pekerjaan itu dengan kehati-hatian dan penuh tanggung jawab.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana gaya kepemimpinan yang diterapkan dalam memotivasi kerja karyawan di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Jember? 2) Bagaimana motivasi kerja yang diberikan manager kepada karyawan di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan memaparkan motivasi kerja karyawan yang diterapkan di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Jember. 2) Untuk mengetahui dan memaparkan gaya kepemimpinan dalam memotivasi kerja karyawan di Bank Muamalat Indonesia KC Jember.
Metodologi Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Gaya kepeimpinan yang diterapkan dalam memotivasi kerja karyawan oleh manager Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Jember ialah menggunakan dua gaya kepemimpinan seekaligus yaitu gaya kepemimpinan demokratis dan gaya kepemimpinan transformasional. 2) Cara motivasi kerja karyawan yang diberikan oleh manager Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Jember ialah dengan memberikan motivasi secara langsung dan tidak langsung. Motivasi secara langsung yang diberikan pada karyawan berupa kata-kata penyemangat, pemberian Insentif reward, dan tunjangan kerja karyawan. Sedangkan motivasi secara tidak langsung yang diberikan berupa fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang kelancaran kerja karyawan seperti sehingga karyawan lebih semangat dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Depositing User: Ms Mawaidatul Hasanah
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:44
Last Modified: 14 Sep 2023 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28502

Actions (login required)

View Item View Item