Pelaksanaan Sistem Pembiayaan Dengan Akad Mudharabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Perbankan Syariah Baitul Maal Wat Tamwil Nuansa Ummah Jawa Timur Cabang Besuki Situbondo

Muarrifah, Khoirin (2023) Pelaksanaan Sistem Pembiayaan Dengan Akad Mudharabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Perbankan Syariah Baitul Maal Wat Tamwil Nuansa Ummah Jawa Timur Cabang Besuki Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Khas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KHOIRIN MUARRIFAH_E20191038

Download (3MB)

Abstract

Khoirin Muarrifah, Nikmatul Masruroh, 2023: Pelaksanaan Sistem Pembiayaan dengan Akad Mudharabah Pada KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Besuki Situbondo.

Kata kunci: Pelaksanaan Pembiayaan, Akad Mudharabah, BMT NU Besuki
Pembiayaan merupakan badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana atau barang modal. Berfungsi untuk membiayai aktivitas, seperti produksi dan konsumsi. Lembaga pembiayaan berperan untuk menggerakkan perekonomian dan membantu masyarakat dalam aktivitas produksi dan konsumsi. Disini peneliti ingin meneliti pelaksanaan sistem pembiayaan dengan akad mudharabah pada KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Besuki.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan sistem pembiayaan dengan akad mudharabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Besuki? (2) Bagaimana kesesuaian pelaksanaan sistem pembiayaan dengan akad mudharabah dengan fatwa DSN MUI?
Penelitian ini bertjuan: (1) Untuk menjelaskan tentang pelaksanaan sistem pembiayaan dengan akad mudharabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Besuki. (2) Untuk menganalisis sistem pembiayaan dengan akad mudharabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Besuki telah sesuai dengan ketentuan Fatwa DSN MUI atau tidak.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive, sedang metode pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian ini yakni: 1) Pelaksanaan pembiayaan dengan akad mudharabah pada BMT NU Jawa Timur cabang Besuki Situbondo meliputi: Pertama, nasabah mengajukan pembiayaan kepada BMT NU atas suatu rencana proyek usaha. Kemudian diadakan negosiasi sampai disetujui. Kedua, nasabah melengkapi dokumen yang dibutuhkan Ketiga, dan nasabah telah melengkapi berkas yang dibutuhkan, maka pembiayaan mudharabah dapat dicairkan Keempat, nasabah menerima dana pembiayan yang kemudian disalurkan pada proyek yang telah disepakati. Kelima, Nasabah memberikan nisbah bagi hasil atau nilai keuntungan sesuai dengan nilai pembiayaan. Pembayaran dilakukan secara kolektif oleh pihak BMT NU cabang Besuki. 2) Kesesuaian pelaksanaan sistem pembiayaan dengan akad mudharabah dengan Fatwa DSN-MUI. Pertama, produk pembiayaaan di BMT NU menggunakan akad mudharabah muthlaqah, kedua, nisbah bagi hasil antara bank dan nasabah telah ditetapkan di awal akad dan tidak boleh ada pengurangan dan keuntungan dari bank tanpa persetujuan yang bersangkutan, jika terjadi kerugian maka ditanggung pemilik dana kecuali kelalaiannya sendiri. Ketiga, dari semua ketentuan tersebut BMT NU Jawa Timur cabang Besuki mengacu pada hukum perbankan syariah dan telah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No.07/DSNMUI/IV/2000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Khoirin Muarrifah
Date Deposited: 15 Sep 2023 01:37
Last Modified: 15 Sep 2023 01:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28509

Actions (login required)

View Item View Item