Analisis Strategi Pemasaran Produk Semen Singa Merah (studi pada CV. FAJAR JAYA)

Saidah, Isfantin (2023) Analisis Strategi Pemasaran Produk Semen Singa Merah (studi pada CV. FAJAR JAYA). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Isfantin Saidah Nim. E20192136.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Semen Singa Merah
Strategi pemasaran merupakan rencana yang menjabarkan ckspcktiisi
perusahan akan dampak dari berbagai aktivitas atau program pemasaran
terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar tertentu. Perusahaan
dapat menggunakan dua atau lebih program pemasaran secara bersamaan,
sebab setiap jenis program (seperti periklanan, promosi penjualan, personal
selling, layanan pelanggan, atau pengembangan produk) memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap permintaan. Strategi yang digunakan sangat beragam sesuai dengan kondisi yang dihadapi. Maka diperlukan strategi bersaing yang tepat sesuai dengan kondisi lingkungan perusahaan. Keunggulan bersaing adalah tentang bagaimana sebuah perusahaan benar-benar menerapkan strategi generik tersebut kedalam praktek.
Fokus Penelitian yang diteliti ialah: 1) Bagaimana Strategi Pemasaran Produk Semen Singa Merah Di CV. Fajar Jaya?. 2) Bagaimana Pekembangan Pemasaran Produk Semen Singa Merah Di CV. Fajar Jaya?. 3) Apa Kendala Yang Dihadapi CV. Fajar Jaya Pada Saat Memasarkan Produk Semen Singa Merah?.
Tujuan Penelitian yang diteliti ialah: 1) Untuk Mendeskripsikan Strategi Pemasaran Produk Semen Singa Merah Di CV. Fajar Jaya?. 2) Untuk Mendeskripsikan Pekembangan Pemasaran Produk Semen Singa Merah Di CV. Fajar Jaya?. 3) Untuk Mendeskripsikan Kendala Yang Dihadapi CV. Fajar Jaya Pada Saat Memasarkan Produk Semen Singa Merah?.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research). Karena penelitian ini dilakukan secara pengamatan langsung di lapangan untuk mengumpulkan data yang berisi informasi yang berhubungan dengan penelitian.
Hasil penelitian ini ialah: 1) Strategi pemasaran yang digunakan oleh CV Fajar Jaya dalam memasarkan produk semen Singa Merah yaitu dengan beberapa hal seperti melakukan promo pembelian, harga dijual secara ekonomis, lokasi penjualan terletak di dekat perumahan warga sehingga mudah dijangkau, memeratakan toko-toko di lingkungan masyarakat, menyediakan reward bagi toko yang menjual semen Singa Merah di atas target penjualan, memberikan informasi mengenai kelebihan dari produk Singa Merah, menyediakan stok produk agar tidak mengecewakan pelanggan ketika datang ke toko untuk membeli semen Singa Merah dan memberikan fasilitas antar barang secara gratis hingga sampai di tempat pembeli. 2) Perkembangan pemasaran produk semen Singa Merah sudah mengalami perkembangan yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari tersebarnya pendistribusian semen Singa Merah ke Jawa Timur dan Bali, sedangkan untuk wilayah lainnya masih dalam tahap pengembangan. 3) Kendala yang dihadapi dalam proses pemasaran produk semen Singa Merah ini yaitu persaingan distributor yang sangat kuat dan terdapat beberapa sumber daya manusia yang tidak maksimal dalam pelaksanaan strategi pemasarannya dilapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Isfantin Saidah
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:37
Last Modified: 15 Sep 2023 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28511

Actions (login required)

View Item View Item