Analisis Strategi Pemasaran Pada UMKM Sarung Tenun Teratai di Kabupaten Jembrana Bali

Nur, Faiyzah (2023) Analisis Strategi Pemasaran Pada UMKM Sarung Tenun Teratai di Kabupaten Jembrana Bali. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR FAIYZAH _E20192004.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Faiyzah, Dr. M.F Hidayatullah, S.H.I, M.S.I, 2023: Analisis Strategi
Pemasaran Pada UMKM Sarung Tenun Teratai di Kabupaten Jembrana Bali.
Kata Kunci : UMKM, Strategi Pemasaran
Dengan perkembangan dunia usaha yang terjadi saat ini, mengakibatkan
para pelaku usaha diharuskan untuk berusaha dengan segenap kemampuan dan
strategy yang mereka miliki, agar perusahaan mereka dapat memenangkan
persaingan. UMKM Sarung Tenun Teratai merupakan unit usaha yang bergerak
dibidang Textile, dengan produk yang ditawarkan berupa sarung Tenun dengan
ciri khas motif endek khas Bali, dalam melakukan pemasaran produk yang mereka
miliki UMK Sarung Tenun Teratai memerlukan Strategi Pemasaran Guna untuk
menarik Minat beli Konsumen.
Fokus penelitian yang diteliti oleh peneliti pada skripsi ini yaitu : 1)
Bagaimana Strategi Pemasaran yang digunakan pada UMKM Sarung Tenun
Teratai di Kabupaten Jembrana Bali?, 2) Apa kendala penerapan strategi
Pemasaran pada UMKM Sarung Tenun Teratai di Kabupaten Jembrana Bali?, 3)
Bagaimana dampak dari strategi pemasaran pada UMKM Sarung Tenun Teratai di
Kabupaten Jembrana Bali?
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui
Strategi Pemasaran pada UMKM Sarung Tenun Teratai di Kabupaten Jembrana
Bali. 2) Untuk Mengetahui kendala yang dihadapi UMKM Sarung Tenun Teratai
di Kabupaten Jembrana Bali. 3) Untuk mengetahui dampak dari strategi
Pemasaran pada UMKM Sarung Tenun Teratai di Kabupaten Jembrana Bali.
Untuk meneliti dan mengolah data pada penelitian ini peneliti
menggunakan metode pendekatan Kualitatif, dengan jenis penelitian yang bersifat
deskriptif. Dengan tujuan untuk menggambarkan dengan lengkap atau
menjabarkan suatu objek penelitian berdasarkan karakteristik yang dimiliki.
Dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, 1) penerapan strategi pemasaran
yang dilakukan oleh UMKM Sarung Tenun Teratai di Kabupaten Jembrana Bali
diimplementasikan dengan baik. 2) Penerapan Strategi Pemasaran yang dilakukan
UMKM Sarung Tenun di Kabupaten Jembrana Bali dikatakan diimplementasikan
dengan baik, tetapi masih ada beberapa kendala yang dihadapi dalam penerapan
strategi pemasaran oleh UMKM Sarung Tenun Teratai di Kabupaten Jembrana
Bali. 3) penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Sarung Tenun
Teratai di Kabupaten Jembrana Bali Juga memberikan dampak yang dapat
dirasakan langsung oleh UMKM Sarung Tenun Teratai di Kabupaten Jembrana
Bali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140303 Economic Models and Forecasting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Nur Faiyzah
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:50
Last Modified: 25 Sep 2023 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28513

Actions (login required)

View Item View Item