ANALISIS PENGARUH DANA PIHAK KETIGA (DPK), TINGKAT BAGI HASIL (TBH), NON PERFORMING FINANCING (NPF) DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP VOLUME PEMBIAYAAN BERBASIS BAGI HASIL PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA STUDI KASUS PT. BANK MUAMALAT INDONESIA TBK PERIODE 2017-2021)

Zulfi, Vika Karimatu (2023) ANALISIS PENGARUH DANA PIHAK KETIGA (DPK), TINGKAT BAGI HASIL (TBH), NON PERFORMING FINANCING (NPF) DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP VOLUME PEMBIAYAAN BERBASIS BAGI HASIL PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA STUDI KASUS PT. BANK MUAMALAT INDONESIA TBK PERIODE 2017-2021). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
VIKA KARIMATU ZULFI_SKRIPSI PS 2 - b5.pdf

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK
Vika Karimatu Zulfi, 2023 : Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Tingkat Bagi Hasil, Non Performing Financing Dan Return On Asset Terhadap Volume Pembiayaan Berbasis Bagi Hasil Pada Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2017-2020 Studi Kasus PT. Bank Muamalat Indonesia.
Kata Kunci: Dana Pihak Ketiga, Tingkat Bagi hasil, Non Performing Financing, Return On Asset, Volume Pembiayaan Berbasis Bagi Hasil.
Bank syariah adalah bank yang dalam kegiatan menghimpun dan menyalurkan dananya harus pada prinsip Islam. Penyaluran dana atau pembiayaan diartikan sebagai pendanaan yang diberikan oleh satu pihak ke pihak lain untuk mendukung investasi yang telah direncanakan. Dengan meningkatnya jumlah Dana Pihak Ketiga maka dapat meningkatkan jumlah pembiayaan yang disalurkan, akan tetapi hal ini berbanding terbalik dengan fakta yang terjadi pada Bank Muamalat Indonesia periode 2017-2021 Dana Pihak Ketiga mengalami kenaikan pembiayaan bagi hasil mengalami penurunan
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah Dana Pihak Ketiga berpengaruh terhadap volume pembiayaan bagi pada PT. Bank Muamalat Indonesia? 2) Apakah Tingkat Bagi Hasil berpengaruh terhadap volume pembiayaan bagi hasil pada PT. Bank Muamalat Indonesia? 3) Apakah Non Perfoorming Financing berpengaruh terhadap volume pembiaan bagi hasil pada PT. Bank Muamalat Indonesia? 4) Apakah Return On Asset berpengaruh terhadap volume pembiayaan bagi hasil pada PT. Bank Muamalat Indonesia? 5) Apakah DPK, TBH, NPF dan ROA berpengaruh terhadap volume pembiayaan bagi hasil pada PT. Bank Muamalat Indonesia secara simultan?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Dana Pihak Ketiga, Tingkat Bagi Hasil, Non Performing Financing dan Return On Aset terhadap volume pembiayaan berbasis bagi hasil pada perbankan syariah di Indonesia studi kasus PT. Bank Muamalat Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan triwulan Bank Muamalat Indonesia periode 2017-2021.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis regrsi linier berganda. Alat yang digunakan dalam analisis data yaitu analisis statistik IBM SPSS versi 25.
Hasil penelitian menyatakan secara parsial variabel DPK tidak ada pengaruh yang sigbifikan tehadap volume pembiayaan bagi hasil dengan nilai signifikansi 0,102 > 0,05, variabel NPF meyatakan tidak ada pengaruh yang signifikan tehadap volume pembiayaan bagi hasil dengan nilai signifikansi 0,649 > 0,05 dan variabel ROA menyatakan tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap volume pembiayaan berbasis bagi hasil dengan nilai signifikansi 0,268 > 0,05, sedangkan variabel TBH menunjukkan pengaruh yang signifikan dnegan nilai signifikansi 0,028 < 0,05. Berdasarkan uji f menyatakan bahwa variabel DPK, TBH, NPF dan ROA berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Volume Pembiayaan Bagi Hasil dengan nilai Fhitung 8,003 dan Ftabel 3,056 (8,003 > 3,056) dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140305 Time-Series Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Vika Karimatu Zulfi
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:05
Last Modified: 18 Sep 2023 08:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28517

Actions (login required)

View Item View Item