PENGARUH PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK (E-MONEY) TERHADAP PERPUTARAN UANG DI INDONESIA (PERIODE 2017-2023)

Farihah, Muhimmatul (2023) PENGARUH PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK (E-MONEY) TERHADAP PERPUTARAN UANG DI INDONESIA (PERIODE 2017-2023). Undergraduate thesis, UIN KH Acmhad siddiq Jember.

[img] Text
MUHIMMATUL FARIHAH_E20191226.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhimmatul Farihah, Mohammad Mirza Pratama,S.ST.,M.M,2023: Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik(E-Money) Terhadap Perputaran Uang di Indonesia Tahun 2017-2023.

Kata Kunci : Uang Elektronik, Perputaran Uang,Analisis Regresi Berganda.

Uang elektronik adalah alat pembayaran dalam bentuk elektronik yang sebelumnya pemilik uang elektronik telah menyetorkan sejumlah uang kepada pihak penerbit. Uang elektronik dapat memberikan kemudahan, kenyamanan dalam melakukan transaksi massal mulai dari transaksi yang memiliki nilai kecil namun memiliki frekuensi yang tinggi seperti saat digunakan untuk melakukan pembayaran transportasi.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah :1) apakah uang beredar memiliki pengaruh terhadap perputaran uang di Indonesia ? 2) Apakah jumlah mesin EDC beredar berpengaruh terhadap perputaran uang di Indonesia ? 3) Apakah jumlah uang beredar dan jumlah Mesin EDC beredar memiliki pengaruh signifikan terhadap perputaran uang di Indonesia ?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh jumlah uang beredar terhadap perputaran uang di Indonesia. 2) Untuk mengetahui menguji serta menganalisis pengaruh jumlah mesin EDC beredar terhadap perputaran uang di Indonesia. 3) Untuk menguji serta menganalisis pengaruh uang elektronik (E-Money) di Indonesia pada tahun 2017-2023. 3) untuk menguji serta menganalisis pengaruh jumlah uang beredar dan jumlah mesin EDC beredar terhadap perputaran auang di Indonesia.
Untuk mengidentifikasi permasalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang merupakan data-data yang telah diterbitkan oleh www.bi.go.id dan www.kemendag.go.id pada periode tahun 2017- Juli 2023. Dengan Teknik pengumpulan data menggunakan kepustakaan (Library research) mengumpulkan data yang tidak didapatkan secara langsung kepada objek yang menjadi sasaran penelitian.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) jumlah uang elektronik beredar memiliki pengaruh signifikan dan juga positif terhadap perputaran uang di Indonesia.2) jumlah mesin EDC uang Elektronik beredar tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perputaran uang di Indonesia. 3) Jumlah uang elektronik beredar serta jumlah mesin EDC beredar uang elektronik secara bersamaan berpengaruh signifkan terhadap perpuataran uang di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Hima Hima Iim
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:12
Last Modified: 19 Sep 2023 08:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28526

Actions (login required)

View Item View Item