Keputusan Konsumen dan Penerapan Etika Konsumsi Islam Pada Pakaian Bekas Di Pasar Babebo Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

Khoirun Nafi'ah, Siti Alfi (2023) Keputusan Konsumen dan Penerapan Etika Konsumsi Islam Pada Pakaian Bekas Di Pasar Babebo Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Alfi Khoirun Nafi’ah _E20192192.pdf

Download (3MB)

Abstract

Siti Alfi Khoirun Nafi’ah, 2023: Keputusan Konsumen dan Penerapan Etika Konsumsi Islam Pada Pakaian Bekas Di Pasar Babebo Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

Kata Kunci: Keputusan Konsumen, Etika Konsumsi Islam

Pada dasarnya kebutuhan dasar manusia adalah kebutuhan akan sandang, pangan dan papan. Namun, saat ini kebutuhan masyarakat semakin beragam dan terus berkembang, seperti kebutuhan akan pakaian. pakaian tidak selalu yang baru, akan tetapi ada pakaian bekas, pakaian bekas juga banyak digemari oleh masyarakat karena harga yang murah, terdapat model pakaian dan merek-merek terkenal. Salah satunya terdapat pasar babebo di Jl. Karang mluwokelurahan mangli kecamatan kaliwates kabupaten jember.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana keputusan konsumen pada pakaian bekas di pasar babebo kelurahan mangli kecamatan kaliwates kabupaten jember? 2) Bagaimana etika konsumsiislam pada pakaian bekas di pasar babebo kelurahan mangli kecamatan kaliwates kabupaten jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana keputusan konsumen pada pakaian bekas di pasar babebo kelurahan mangli kecamatan kaliwates kabupaten jember. 2) Untuk mengetahui bagaimana etika konsumsi islam pada pakaian bekas di pasar babebo kelurahan mangli kecamatan kaliwates kabupaten jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research). Adapun Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Snawball Sampling. Sedangkan untuk Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: Keputusan konsumen pada pembelian pakaian di pasar babebo kelurahan mangli kecamatan kaliwates kabupaten jember, terdapat beberapa faktor yang melatarbelakangi konsumen memutuskan untuk membeli pakaian bekas, antara lain: Faktor Internal,antara lain motivasi, sikap individu. Faktor Eksternal antara lain :Faktor Ekonomi, Faktor Lingkungan, Faktor budaya, Faktor Kelas sosial,Faktor Gaya hidup. Namun dalam etika konsumsi, bahwa konsumen membeli pakaian bekas ini secara umum melanggar aturan syari’at dalam islam dan tidak menerapkan dalam diri mereka, bahwa perilaku boros adalah salah satu sifat atau perbuatan yang tidak disukai oleh Allah swt, yang mana mereka lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan dalam membeli pakaian, karena merek-merek dari luar negeri, model yang kekinian, tidak mau ketinggalan, harga yang murah, sehingga mereka membeli secara berlebihan dan konsumen tidak hanya dari kalangan menengah kebawah akan tetapi konsumen dari kalangan menengah keatas juga mengkonsumsi pakaian bekas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Siti Alfi Khoirun Nafi’ah
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:58
Last Modified: 19 Sep 2023 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28532

Actions (login required)

View Item View Item