Analsiis inovasi produk dalam pencapaian keunggulan bersaing usaha jahit Yuli di Desa Temurejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi

Nur Imamah, Siti (2023) Analsiis inovasi produk dalam pencapaian keunggulan bersaing usaha jahit Yuli di Desa Temurejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI NUR IMAMAH _E20192017-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siti Nur Imamah, Dr. Hj. Nurul Setianingrum, S.E, M.M, 2023: Analisis Inovasi Produk Dalam Pencapaian Keunggulan Bersaing Usaha Jahit Yuli Di Desa Temurejo, Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi

Perkembangan teknologi dan industri membawa dampak bagi kehidupan manusia terutama pada dunia usaha bisnis saat ini. Dengan banyaknya persaingan suatu perusahaan mempertahankan keberlangsungan hidup usaha untuk produk yang dihasilkan dapat mengalami perubahan sesuai selera konsumen. Maka produk yang ditawarkan haruslah bervariasi dan memiliki keunikan. Inovasi produk merupakan kunci dari sebuah kesuksesan usaha yang dapat digunakan sebagai keunggulan bersaing. Dengan keunggulan bersaing dari berbagai aktivitas sebuah usaha dimaksudkan dapat mendukung penciptaan kinerja perusahaan yang memiliki biaya rendah serta perbedaan dengan pesaingnya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana inovasi produk usaha jahit Yuli di desa Temurejo ? 2. Bagaimana strategi keunggulan bersaing usaha jahit Yuli di desa Temurejo ? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan inovasi produk yang digunakan usaha jahit Yuli di desa Temurejo 2. Untuk mendeskripsikan strategi keunggulan bersaing usaha jahit Yuli di desa Temurejo.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan dalam penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling, diantaranya penjahit Yuli dan pelanggan usaha jahit di desa Temurejo. Analisis data yang digunakan yakni menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk keabsahan data yang digunakan yakni menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian dalam skripsi ini yakni: 1. Inovasi produk pada usaha jahit Yuli ada pada kualitas produk dengan jahitan rapi, varian produk yang bermacam-macam, desain produk yang ditawarkan. 2. Keunggulan bersaing pada usaha jahit Yuli yakni dengan menggunakan 2 keunggulan, pada keunggulan biaya dengan relatif rendah dan diferensiasi dengan lebih banyak variasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Siti Nur Imamah
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:41
Last Modified: 19 Sep 2023 03:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28535

Actions (login required)

View Item View Item