Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Capital Buffer Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2017-2021

Kinanti, Sovie (2023) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Capital Buffer Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2017-2021. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sovie Kinanti Zainuddin_E20191235.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Sovie Kinanti Zainuddin , Dr. H. Munir Is'adi, S.E., M.Akun. 2023: “Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Capital Buffer Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2017-2021.”
Kata kunci : Capital Buffer, ROE, NPF, NOM, BOPO, Bank Size
Capital Buffer merupakan dana cadangan yang penting disediakan. Alasan perlunya memiliki Capital Buffer biasanya disebabkan karena persyaratan modal minimum yang ditetapkan oleh pemerintah belum tentu dapat menutupi kerugian yang mungkin dialami oleh bank.
Fokus masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah :1) Apakah ROE berpengaruh signifikan terhadap Capital Buffer pada bank umum syariah di Indonesia? 2) Apakah NPF berpengaruh signifikan terhadap Capital Buffer pada bank umum syariah di Indonesia? 3) Apakah NOM berpengaruh signifikan terhadap Capital Buffer pada bank umum syariah di Indonesia? 4) Apakah BOPO berpengaruh signifikan terhadap Capital Buffer pada bank umum syariah di Indonesia? 5) Apakah Bank Size berpengaruh signifikan terhadap Capital Buffer pada bank umum syariah di Indonesia?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah ROE berpengaruh terhadap Capital Buffer pada bank umum syariah di Indonesia. 2) Untuk mengetahui apakah NPF berpengaruh terhadap Capital Buffer pada bank umum syariah di Indonesia. 3) Untuk mengetahui apakah NOM berpengaruh terhadap Capital Buffer pada bank umum syariah di Indonesia. 4) Untuk mengetahui apakah BOPO berpengaruh terhadap Capital Buffer pada bank umum syariah di Indonesia. 5) Untuk mengetahui apakah Bank Size berpengaruh terhadap Capital Buffer pada bank umum syariah di Indonesia.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan adalah 14 Bank Umum Syariah yang terdaftar di OJK. Penelitian ini menggunakan data yang bersumber dari laporan keuangan tahunan Bank Umum Syariah tahun 2017-2021 melalui masing-masing website resminya.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Variabel ROE berpengaruh signifikan terhadap Capital Buffer. 2) Variabel NPF berpengaruh negatif signifikan terhadap Capital Buffer. 3) Variabel NOM berpengaruh signifikan terhadap Capital Buffer. 4) Variabel BOPO berpengaruh signifikan terhadap Capital Buffer. 5) Variabel Bank Size berpengaruh signifikan terhadap Capital Buffer. 6) Secara simultan ROE, NPF, NOM, BOPO, dan Bank Size berpengaruh signifikan terhadap variabel Capital Buffer sehingga hipotesis keenam variabel tersebut diterima. Hasil estimasi regresi menunjukkan variabel bebas memiliki kemampuan prediksi model sebesar 39,7%, sedangkan sisanya sebesar 60,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Sovie Kinanti Zainuddin
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:09
Last Modified: 19 Sep 2023 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28537

Actions (login required)

View Item View Item