Peran industri handicraft Makrifat Business dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember

Hikmatul Hasanah, Amelika Yustiana (2023) Peran industri handicraft Makrifat Business dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Amelika Yustiana_E20192250.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Amelika Yustiana, Hikmatul Hasanah, S.E.I., M.E.: Peran Industri Handicraft Makrifat Business Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember
Kata Kunci: Industri Handicraft, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat
Desa Tutul merupakan desa yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani dan kerajinan. Masuknya kerajinan di Desa Tutul telah ada sejak zaman dahulu sehingga kerajinan yang dilakukan oleh masyarakat desa Tutul dilakukan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Kerajinan tersebut saat ini di kenal sebagai industri handicraft yang mana masyarakat Desa Tutul banyak yang mengelola usaha kerajinan
Di Desa Balung Kulon sendiri usaha yang dijalankan mayoritas bergelut dalam bidang kerajinan, namun berkaitan dengan kerajinan masih di dominasi oleh Desa Tutul. Salah satu industri handicraft yang berada di Desa Tutul adalah industri handicraft Makrifat Business. dimana masyarakat Desa Tutul banyak yang menjual barang kerajinannya kepada industri handicraft Makrifat Business. dari latar belakang tersebut peneliti memfokuskan penelitian dengan lingkup peran industri handicraft Makrifat Business dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember?
Adapun tujuan yang diangkat oleh peneliti adalah bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran industri handicraft Makrifat Business dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field redearch). Adapun dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik snowball yang dilakukan kepada pemilik industri handicraft Makrifat Business, perangkat Desa Tutul, masyarakat Desa Tutul, dan mitra kerja Makrifat Business, dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangan dalam keasbsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa industri handicraft Makrifat Business memiliki peran dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat yaitu melalui kemitraan yang dilakukan oleh Makrifat Business. Sehingga adanya Makrifat Business ini berperan sebelum dan sesudah bermitra kerja terhadap perekonomian masyarakat diantaranya dapat memenuhi kebutuhan dan dapat meningkatkan kreativitas yang dimiliki oleh masyarakat. Dan adanya Makrifat Business ini juga berperan dalam mengurangi pengangguran dengan memberikan peluang kerja kepada masyarakat di Desa Tutul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Amelika Yustiana
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:10
Last Modified: 20 Sep 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28543

Actions (login required)

View Item View Item