ANALISA TENAGA KULI PANGGUL TERHADAP DAMPAK PANDEMI COVID-19 DI PASAR TANJUNG JEMBER

Damayanti, Siti Alvinatut (2023) ANALISA TENAGA KULI PANGGUL TERHADAP DAMPAK PANDEMI COVID-19 DI PASAR TANJUNG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Siti Alvinatut Damayanti.pdf

Download (1MB)

Abstract

Siti Alvinatut Damayanti, 2023: Analisa Tenaga Kuli PanggulTerhadap Dampak Covid-19 Di Pasar Tanjung Jember

Kata Kunci: Tenaga Kuli Panggul, Perekonomian, Wabah Covid-19

Adanya wabah pandemi Covid-19 berdampak dari berbagai sektor terutama sektor perekonomian bagi tenaga buruh kuli panggul. Pekerjaan buruh kasarsebagai pekerjaan yang menuntut kekuatan otot pada tubuh agar dapat membawa beban berat. Sehingga dibutuhkan fisik yang kuat dan bertenaga seperti seseorang yang mampu untuk melakukan pekerjaan berat seperti tenaga kuli panggul.
Fokus dalam penelitian adalah: (1) Bagaimana kondisi perekonomian para buruh kasar terhadap dampak pandemi Covid-19 di pasar tradisional Tanjung Kabupaten Jember?, (2) Bagaimana faktor yang mempengaruhi peningkatan pendapatan ekonomi buruh kasar pasar tradisional Tanjung Kabupaten Jember?.
Tujuan dalam penelitian ini dapat dijelaskan bahwa: (1) Mendeskripsikan kondisi perekonomian para buruh kasar terhadap dampak pandemi Covid-19 di pasar tradisional Tanjung Kabupaten Jember, (2) Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi peningkatan pendapatan ekonomi buruh kasar pasar tradisional Tanjung Kabupaten Jember.
Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian adalah study kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dalam penelitian ini dijelaskan bahwa: (1) kondisi perekonomian para buruh kasar terhadap dampak pandemi Covid-19 di pasar tradisional Tanjung Kabupaten Jember dapat diketahui dari segi, (a) pendapatan bagi Tenaga Kuli Panggul sebelum dan sesudah Covid-19 yang diperolah dari masing-masing Tenaga Kuli Panggul sangatlah jauh berbeda setiap hari yang diperolehnya, sebab akibat dampak Covid-19 sangatlah berpengaruh dari penghasilan yang didapat bagi Tenaga Kuli Panggul yang mengakibatkan pelanggan lebih memilih jaga jarak dan menghindari kerumunan untuk pergi ke pasar. (b) jam kerja yang fleksibel sebagai Tenaga Kuli Pangguldengan ujuan Tenaga Kuli Panggul yang mereka jalani utamanya bertujuan untuk mendapatkan penghasilan dan pendapatan yang lebih demi untuk menafkahi dan mencukupi keluarganya. (c) tekanan ekonomi yang menuntut sebagai Tenaga Kuli Panggul meskipun pendapatan naik ataupun turun Tenaga Kuli Panggultetap menjalani pekerjaan tersebut, sebab kebutuhan ekonomi yang semakin meningkat dan untuk mencukupi kebutuhan keluarga. (2) faktor yang mempengaruhi peningkatan pendapatan ekonomi buruh kasar pasar tradisional Tanjung Kabupaten Jember yakni faktor ketersediaan dalam bekerja, faktor lokasi yang mendukung serta faktor penjual dan pembeli, sebab dari ketiga faktor tersebut dapat mempengaruhi pendapatan Tenaga Kuli Panggul ditengah-tengah kesulitan dalam menjalani kehidupan sebagai pekerja buruh kuli panggul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Depositing User: Mrs. Siti Alvinatut Damayanti
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:37
Last Modified: 04 Oct 2023 03:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28545

Actions (login required)

View Item View Item