FUNGSI ZAKAT DALAM MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMNET GOALS UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA SUKOREJO KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER.

Nufus, Wilda Hayatun (2023) FUNGSI ZAKAT DALAM MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMNET GOALS UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA SUKOREJO KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
WILDA HAYATUN NUFUS_E20194019_MAZAWA_SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Wilda Hayatun Nufus, 2023: Fungsi Zakat Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs)Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember

Kata Kunci: Zakat, Sustainable Development Goals (SDGs), Perekonomian Masyarakat.

Sustainable Development Goals (SDGs) adalah tentang pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan, Zakat dan Sustainable Development Goals (SDGs) menjadi suatu hal yang sangat berkaitan, karena zakat mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan memberikan keadilan kepada orang-orang yang lemah.

Fokus masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan zakat dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) di Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember? 2) Bagaimana fungsi zakat dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan zakat dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) di Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. 2)Untuk mengetahui bagaimana fungsi zakat dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari kabupaten Jember.

Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Dalam penentuan informan peneliti menggunakan teknik purposive yaitu pertimbangan tertentu terhadap informan yang dianggap mengetahui terkait penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini menunjukkan bawa: 1) Tata kelola zakat yang dilakukan dalam pelaksanaan program Kampung SDGs yaitu mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengkoordinasian, pengumpulan, pendistribusian atau pendayagunaan. 2) Fungsi zakat dalam mewujudkan Sustainable Development Goals untuk peningkatan perekonomian masyarakat di Desa Sukorejo ,menunjukkan bahwasanya berhasil secara optimal mengenai sasara atau tujuan yang telah di tetapkan sesuai rencana dan harapan. Tolak ukurnya dapat diketahui dengan kepuasan masyarakat kampung SDGs Sukorejo dan tersalurkannya bantuan secara konsumtif dan produktif serta tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: MAZAWA Wilda Hayatun Nufus
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:41
Last Modified: 22 Sep 2023 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28549

Actions (login required)

View Item View Item