Pengelolaan wakaf pada baitul maal wat tamwil (BMT) Nurul Jannah Cadika Kaliwates Jember

Nafi’ah, Yuni (2023) Pengelolaan wakaf pada baitul maal wat tamwil (BMT) Nurul Jannah Cadika Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Yuni Nafi’ah_E20194020.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Yuni Nafi’ah, 2023: Pengelolaan Wakaf Pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Nurul Jannah Cadika Kaliwates Jember
Kata Kunci; Pengelolaan Wakaf, BMT Nurul Jannah Jember
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang berkenaan dengan organisasi pengelolaan wakaf pada Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) yang mana terdapat program kegiatan yang cukup unik yaitu program pengentasan pengangguran pada generasi muda Cadika Jember. Wakaf adalah instrumen ekonomi Islam yang unik yang mendasarkan fungsinya pada unsur-unsur kebajikan , kebaikan dan persaudaraan . Oleh karena itu, agar wakaf dapat dikelola secara produktif, sudah selayaknya kita merekonstruksi pengelolaan wakaf di Indonesia untuk mengkaji dan merujuk pada negara atau lembaga yang telah mampu mengelola wakaf dengan baik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Pengelolaan wakaf pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Nurul Jannah Cadika Kaliiwates Jember ? 2) apa saja faktor pendukung wakaf pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Nurul Jannah Cadika Kaliiwates Jember.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Untuk mengetahui Bagaimana pengelolaan dana wakaf pada Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Nurul Jannah Cadika Kaliwates Jember. 2) Untuk Mengetahui apa faktor pendukung wakaf pada Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Nurul Jannah Cadika Kaliwates Jember.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data menggunakan analisis data Miles dan Huberman. Yakni menganalisis proses Pengelolaan Wakaf Pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Nurul Jannah Cadika Kaliwates Jember.

Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1)Pengelolaan wakaf di baitul maal wat tamwil (BMT) Nurul Jannah sudah terlaksana dengan baik. Hal ini terbukti dengan BMT Nurul Jannah menjalankan pengelolaan wakaf dengan prinsip-prinsip yang baik dan beretika. Hal ini menunjukkan komitmen mereka untuk melaksanakan tugas pembinaan dan pengelolaan wakaf dengan penuh tanggung jawab. Selain itu, Dana wakaf yang diterima oleh BMT Nurul Jannah diinvestasikan dalam produk-produk keuangan syariah yang halal dan menguntungkan, seperti mudharabah. 2)Faktor pendukung dari telaksananya kegiatan wakaf di baitul maal wat tamwil (BMT) Nurul Jannah Kaliwates Jember ialah kegiatan wakaf tersebut ialah yang mana wakaf tersebut dikelola langsung oleh nadzir, hal ini tentu telah sesuai dengan aturan yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140399 Econometrics not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Yuni Yuni Nafi’ah
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:35
Last Modified: 22 Sep 2023 07:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28550

Actions (login required)

View Item View Item