Analisis Penentuan Harga Jual Dan Laba Pada Usaha Pepes Ibu Lestari Di Beji Pasuruan

ilmiah Hikmah, Emi (2023) Analisis Penentuan Harga Jual Dan Laba Pada Usaha Pepes Ibu Lestari Di Beji Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
EMI ILMIAH HIKMAH_E20193008_.pdf

Download (2MB)

Abstract

Emi Ilmiah Hikmah, Dr. Hj. Nurul Setianingrum S.E, M.M, 2023 : Analisis
Penentuan Harga Jual dan Laba Pada Usaha “Pepes Ibu Lestari”
Di Beji Pasuruan.

Usaha “Pepes Ibu Lestari” adalah salah satu usaha yang bergerak dibidang kuliner dan menyediakan berbagai macam olahan pepes. Dalam penjualan pepes ini pemilik usaha masih kurang memahami bagaimana cara menentukan harga jual yang baik dan benar sehingga mendapatkan laba yang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Harga jual adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap perusahaan, salah satunya yaitu tingkat pendapatan yang diperoleh perusahaan, yang selanjutnya akan berpengaruh terhadap perkembangan operasional perusahaan”. Dalam penentuan harga jual tentunya sangat perlu dipertimbangkan yang mendalam dan teliti guna memperoleh harga jual yang benar-benar sesuai dengan keinginan serta tujuan suatu perusahaan.
Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti memfokuskan penelitian ini dengan : 1) Bagaimanakah penentuan harga jual pepes ibu lestari di beji pasuruan? 2) Bagaimanakah cara untuk menentukan Laba Usaha Pepes Ibu Lestari di Beji Pasuruan?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana Usaha ibu Lestari di Beji Pasuruan melakukan penetapan harga jual pokok produksi. 2) untuk mengetahui bagaiaman cara menentukan Laba pada Usaha ibu Lestari di Beji Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, dengan jenis penelitian studi lapangan. Teknik penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Untuk itu data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari : reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Tanggapan yang diberikan oleh pemilik usaha dalam merespon adanya ilmu akuntansi dan penerapannya dalam dunia usaha guna mendapatkan hasil pemilik usaha telah mengetahui keberadaan ilmu akuntansi, namun pemilik usaha masih ada yang belum memahami teknik penulisannya dalam ilmu akuntansi tentunya dalam menentukan harga jual dan laba pada usahanya, sehingga mereka menggunakan model penentuan harga jual dan laba pada usahanya dengan versinya sendiri. Kendala yang dihadapi pemilik usaha saat ini yakni anggapan bahwa ilmu akuntansi ini sangat ribet jika diterapkan oleh pelaku usaha kecil seperti usahanya tersebut, karena penghasilan yang didapat juga tidak menentu, latar belakang pendidikan berpengaruh dalam proses pemahaman pemilik usaha, dan pemilik usaha tentunya membutuhkan manusia lain dalam memahami pencatatan laporan keuangan atau mengandalkan kemampuan cara mencatatnya.

Kata Kunci : Penentuan Harga Jual Dan Penentuan Laba

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Emi ilmiah Hikmah
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:47
Last Modified: 20 Sep 2023 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28553

Actions (login required)

View Item View Item