Manajamen Pengembangan Sumber Daya Manusia Pesantren Studi Peran Nyai Di Pondok Pesantren Darussalam Putri Blokagung Karangoro Tegalsari Banyuwangi

Aliya, Mahya (2023) Manajamen Pengembangan Sumber Daya Manusia Pesantren Studi Peran Nyai Di Pondok Pesantren Darussalam Putri Blokagung Karangoro Tegalsari Banyuwangi. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MAHYA ALIYA_213206010022.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Aliya, Mahya, 2023. “Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Pesantren (Studi Peran Nyai di Pondok Pesantren Darussalam Putri Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi)”. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Prof. Dr. Moh. Dahlan, M.Ag. Pembimbing II: Dr. Subakri, M.Pd.I
Kata Kunci: Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, Peran Nyai
Nyai di lingkungan Pondok Pesantren Jawa khususnya di Pondok Pesantren Darussalam Putri Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi adalah seorang istri Kiai yang eksistensinya dihormati oleh santri. Peran Nyai di Pondok Pesantren yaitu: (1) Sebagai pengasuh yang memiliki otoritas penuh atas pesantren yang diasuhnya tak ubahnya seorang Kiai. (2) Sebagai pendamping Kiai yang bertanggungjawab sebagaimana pimpinan pesantren, namun tidak memiliki otoritas penuh seperti Kiai (suaminya), (3) Sebagai pengasuh yang terbatas pada kalangan santri putri saja. Dalam penelitian ini poin pertama dan ketiga menjadi pembahasannya.
Fokus Penelitian: (1) Bagaimana Peran Nyai dalam Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia pendidik di Pondok Pesantren Darussalam Putri Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi? (2) Bagaimana Peran Nyai dalam Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia tenaga kependidikan di Pondok Pesantren Darussalam Putri Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi?, Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran Peran Nyai dalam Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia pendidik di Pondok Pesantren Darussalam Putri Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi (2) Untuk mendeskripsikan Peran Nyai dalam Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia tenaga kependidikan di Pondok Pesantren Darussalam Putri Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi.
Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, Penentuan subjek penelitian menggunakan sumber data berupa informan, kegiatan dan dokumen, analisis data menggunakan kondensasi data, pemaparan data, penarikan dan verifikasi kesimpulan, uji keabsahan data dengan mengguanakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan penggecekan anggota.
Hasil penelitian ini meliputi; (1) Peran Nyai dalam Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia pendidik adalah Membuat program Pendidikan Metodologi Pembelajaran Al Quran Metode Yanbua di Pondok Pesantren, Program tadarrus ustadzah Al Quran dan sharing, Sorogan kitab untuk ustadzah kitab salaf. (2) Peran Nyai dalam Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia tenaga kependidikan adalah mengembangkan sumber daya operator sistem layanan Pendidikan yang didalamnya memuat laporan keuangan, kehadiran kegiatan santri, data pelanggaran peraturan pesantren, pengiriman uang saku, serta membuat sistem keuangan beserta sumber keuangan dan alokasinya secara terstruktur dan sistematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Mahya Aliya
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:46
Last Modified: 21 Sep 2023 03:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28557

Actions (login required)

View Item View Item