Analisis Tarif Jasa Pelayanan Pengiriman Barang Terhadap Optimalisasi Laba Pada TIKI Cabang Jember

Safira, Dyanisa Ayu (2023) Analisis Tarif Jasa Pelayanan Pengiriman Barang Terhadap Optimalisasi Laba Pada TIKI Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DYANISA AYU SAFIRA (E20193174)-watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dyanisa Ayu Safira, Dr. Hj. Nurul Setianingrum, S.E., M.M., 2023: Analisis Tarif Jasa Pelayanan Pengiriman BarangTerhadap Optimalisasi Laba Pada TIKI Cabang Jember.

Kata Kunci: Tarif, Jasa Pengiriman, Optimalisasi Laba

TIKI Cabang Jember adalah salah satu cabang perusahaan jasa pengiriman barang TIKI yang berlokasi di Jember. Cabang ini menawarkan layanan pengiriman barang yang luas dan beragam dengan tarif yang kompetitif. TIKI Cabang Jember berkomitmen untuk memberikan layanan pengiriman barang yang berkualitas dengan tarif yang kompetitif dan tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan sekaligus mengoptimalkan laba perusahaan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi penetapan tarif jasa pelayanan pengiriman barang terhadap optimalisasi laba pada TIKI Cabang Jember. 2) Bagaimana implikasi dari tarif jasa pelayanan pengiriman barang yang sudah ditetapkan terhadap laba pada TIKI Cabang Jember.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi penetapan tarif jasa pelayanan pengiriman barang pada TIKI Cabang Jember. 2) Untuk mengetahui implikasi dari penetapan tarif jasa pelayanan pengiriman barang terhadap laba pada TIKI Cabang Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapaun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan data collections (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian ini adalah 1) Strategi penentuan tarif jasa pelayanan pengiriman barang terhadap optimalisasi laba pada TIKI Cabang Jember menerapkan beberapa faktor pertimbangan dalam penentuan tarif diantaranya yaitu Biaya Operasional, Kompetitor atau pesaing di pasar, Jarak Pengiriman, Jumlah Barang yang dikirm oleh pelanggan dan Produk layanan. 2) Penentuan tarif jasa pelayanan pengiriman barang yang telah ditentukan memiliki dampak signifikan atau implikasi dalam mengoptimalkan laba perusahaan. Jika tarif pengirman barang terlalu tinggi, maka pelanggan akan mungkin beralih ke pesaing yang menawarkan tarif lebih rendah. Namun, jika tarif terlalu rendah, perusahaan akan mengalami kerugian Karena tidak dapat menutupi biaya operasional yang dikeluarkan. Oleh karena itu, perusahaan harus menetapkan tarif yang tepat. Untuk menentukan perusahaan telah memperoleh laba atau mengalami kerugian, dapat dilihat dari total pendapatan atau omzet dikurangi dengan biaya operasinal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150105 Management Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1507 Transportation and Freight Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Dyanisa Ayu Safira
Date Deposited: 22 Sep 2023 02:28
Last Modified: 22 Sep 2023 02:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28562

Actions (login required)

View Item View Item