Analisi Target Costing Dalam Upaya Pengurangan Biaya Produksi Untuk Peningkatan Laba Perusahaan Pabrik Beras UD. Margojoyo Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi

Dewi, Putri Anggraini Puspita (2023) Analisi Target Costing Dalam Upaya Pengurangan Biaya Produksi Untuk Peningkatan Laba Perusahaan Pabrik Beras UD. Margojoyo Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Putri Anggraini Puspita Dewi E20193165.pdf

Download (2MB)

Abstract

Target costing ialah penyediaan dan pengendalian biaya yang berakibat terhadap tekanan biaya. Metode ini dilaksanakan melalui penetapan biaya yang diinginkan pada suatu produk menurut harga yang bersaing. Metode target costing adalah suatu pendekatan dalam menentukan biaya produk dengan melakukan perhitungan dari tujuan akhir ke tahap awal, yaitu mulai dari penentuan harga jual yang dimanfaatkan untuk memastikan biaya produk tersebut. Target costing merupakan kegiatan yang dijalankan oleh perusahaan guna mempermudah dalam menetapkan nilai jual produk yang sepadan dengan target pasar.
Rumusan masalah yang diteliti pada skripsi ini adalah : 1) Berapa biaya produksi dan laba pada UD. Margojoyo. 2) Apakah metode target costing berpengaruh pada biaya produksi UD. Marrgojoyo. 3) Apakah penerapan target costing berdampak pada laba perusahaan?.
Tujuan penelitian dari skripsi ini adalah : 1) Untuk mengetahui biaya produksi dan laba di UD. Margojoyo. 2) Untuk mengetahui pengaruh metode target costing pada biaya produksi UD. Margojoyo. 3) Untuk mengetahui dampak penerapan target costing pada laba perusahaan UD. Margojoyo.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data yang dilakukan ialah menganalisis biaya-iaya produksi, menganalisis harga yang kompetitif, dan implementasi target costing yang terdiri dari penentuan harga jual, menentukan target laba, menentukan biaya yang ditargetkan, dan rekayasa nilai.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa target costing mampu digunakan pada pabrik beras UD. Margojoyo untuk penekanan biaya produksi dan memaksimalkan laba perusahaan. Penggunaan target costing pada pabrik beras UD. Margojoyo dengan cara rekayasa nilai (value engineering) yakni dengan mengkombinasikan atau mengubah bahan baku langsung yakni gabah dengan gabah lain yang memiliki kualitas yang sama, mengganti supplier kemasan dan benang gulung. Dengan prosedur tersebut, dalam satu bulan perusahaan mendapatkan penekanan biaya produksi berkisar Rp. Rp 22.515.000 untuk berat kemasan 5 Kg, dan untuk berat kemasan 10 Kg sebesar Rp 17.662.500, serta berat kemasan 25 Kg sebesar Rp 20.877.500. dengan begitu perusahaan mampu meminimalisir pengeluaran untuk biaya produksi dan memaksimalkan laba yang diinginkan dari sebelum menerapkan metode target costing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150108 Cost Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Putri Anggraini Puspita Dewi
Date Deposited: 22 Sep 2023 02:29
Last Modified: 22 Sep 2023 02:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28563

Actions (login required)

View Item View Item