PENERAPAN MULTIMEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII DI SMPN 1 AJUNG JEMBER

Fadila, Rismaul (0223) PENERAPAN MULTIMEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII DI SMPN 1 AJUNG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
RISMAUL FADILA SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK:
Rismaul Fadila, 2023: “Penerapan Multimedia Audio Visual Dalam Meningkatakan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VII Di SMPN 1 Ajung Jember”.
Kata kunci : Multimedia, Audio Visual, Pendidikan Agama Islam.
Multimedia merupakan suatu unsur yang memiliki peranan penting dalam memilih proses belajar supaya pembelajaran menjadi efektif dan efisien dalam mencapai tujuan. Dapat diketahui bahwa hakikat audio visual merupakan media yang melibatkan indera  pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam satu proses bagi pemakainya. Pendidikan agama Islam merupakan usaha sadar yang dilakukan pendidikan dalam rangka mempersiapkan peserta didik untuk menyakini, memahami serta mengamalkan ajaran Islam melalui bimbingan, pengajaran atau pembinaan yang sudah ditentukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana persiapan penggunaan multimedia audio visual dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII di SMPN Ajung Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan dari multimedia audio visual dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII di SMPN Ajung Jember? (3) Bagamaimana peningkatan prestasi siswa dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII di SMPN Ajung Jember?? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi, Penerapan Multimedia Audio Visual Dalam Meingkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas Vii Di Smpn Ajung Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulitatif dan jenis penelitian adalah field research (penelitian lapangan). teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis sebelum di lapangan, kemudian menggunakan analisis data dari milles huberman berikut langkah-langkah dari milles and huberman diantaranya reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) Persiapan penggunaan multimedia audio visual sudah sangat efektif dalam pembelajaran di dalam kelas. Dikarenakan sekolah sudah menyediakan fasilitas saraa dan prasarana sehingga persiapan pembelajaran menggunakan media tersebut dapat dilaksanakan. (2) Penerapan multimedia audio visual belum terlalu efektif karena sarana prasarana LCD atau proyektor itu sendiri masih kurang untuk belajar dan terdapat 7 LCD atau proyektor diantaranya; 6 LCD untuk pembelajaran di kelas dan 1 LCD terdapat di aula sekolah. (3) aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan prestasi pada setiap siklusnya hal inidapat dilihat melalui rekap nilai hasil ujian sekolah, sehingga keseluruhan komponen yang telah ada telah sangat memenuhi indikator keberhasilan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Perpustakaan Rismaul Fadila
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:02
Last Modified: 22 Sep 2023 03:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28565

Actions (login required)

View Item View Item