Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Mengembangkan Profesionalitas Ustadz di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi

Rosyidah, Rosyidah and Tsauri, Sofyan and Fatmawati, Erma (2023) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Mengembangkan Profesionalitas Ustadz di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi. Masters thesis, UIN Kiai Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rosyidah_213206010023.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rosyidah, 2023. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Mengembangkan Profesionalitas Ustadz di Yayasan Pondok Pesntren Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Pembimbing I : Prof. Dr. H. Sofyan Tsauri, MM
Pembimbing II : Dr. Hj. Erma Fatmawati, M.Pd.I

Kata Kunci : Manajemen Sumber Daya Manusia, Profesionalitas Ustadz.

Keberhasilan suatu lembaga pendidikan ditentukan oleh manajemen sumber daya manusia, melalui manajemen sumber daya manusia upaya untuk meningkatkan kualitas lembaga dan profesionalitas guru akan berhasil dengan peran serta aktif seluruh komponen. Perhatian terhadap manajemen oleh lembaga pendidikan termasuk lembaga pendidikan islam diharapkan mampu membawa dampak positif terhadap kualitas guru atau ustadz menjadi guru atau ustadz yang profesional yaitu guru atau ustadz yang memiliki kompetensi dan kualifikasi tertentu sesuai bidang keahlian.
Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan sumber daya manusia dalam mengembangkan profesionalitas ustadz di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi? (2) Bagaimana rekrutmen dan seleksi sumber daya manusia dalam mengembangkan profesionalitas ustadz di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi? (3) Bagaimana pengembangan dan pelatihan sumber daya manusia dalam mengembangkan profesionalitas ustadz di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi metode dan sumber serta member check. Informan penelitian yaitu ketua yayasan, pengurus bidang pendidikan, sebagian ustadz dan sebagian murid.
Hasil penelitian ini meliputi : (1) Proses perencanaan terkait kebutuhan sumber daya ustadz dilakukan setiap tahun berdasarkan analisis kebutuhan melalui musyawarah di tingkat lembaga atau sekolah kemudian di presentasikan di tingkat yayasan. Sebelum menerima pelamar dari sumber eksternal terlebih dahulu memanfaatkan sumber daya internal yang dimiliki pesantren dengan program guru bantu, guru ngabdhi dan guru magang. (2) Proses rekrutmen dilakukan berdasarkan asas kebutuhan di semua lembaga terkait, kemudian membuka lamaran dan dilanjutkan dengan seleksi administrasi, wawancara, tes membaca Al-Qur’an, microteaching dan istikhoroh pengasuh kemudian penandatanganan kontrak kerja. (3) Program pelatihan dan pengembangan meliputi mini seminar, pelatihan IT, pelatihan menulis, workshop, studi lanjut, sertifikasi guru Al-Qur’an, yaumul usroh, rihlah ilmiah dan manaqib.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Rosyidah Rosyidah
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:12
Last Modified: 26 Sep 2023 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28574

Actions (login required)

View Item View Item