Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Di Desa Wringin Kabupaten Bondowoso

Ulmisba Hati, Fina (2023) Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Di Desa Wringin Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universtas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FINA ULMISBA HATI_E20192346.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fina Ulmisba Hati, Hj. Mariyah Ulfah, M.E.I. 2023: Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Di Desa Wringin Kabupaten Bondowoso
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Perilaku Pedagang, Pasar Tradisional
Perilaku yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam seringkali dilakukan oleh para pelaku bisnis khususnya pedagang pasar tradisional. Prinsip pengetahuan akan etika bisnis Islam harus dimiliki oleh setiap individu yang melakukan kegiatan ekonomi baik itu pembisnis maupun pedagang. Dengan hal tersebut, penulis memilih pasar tradisional wringin, karena penulis melihat secara langsung masih banyak perilaku pedagang yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pemahaman pedagang pasar tradisional Wringin terhadap etika bisnis Islam? 2) Bagaimana penerapan etika bisnis Islam pada perilaku pedagang pasar tradisional Wringin?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pemahaman pedagang pasar tradisional Wringin terhadap etika bisnis Islam. 2) Mendeskripsikan penerapana etika bisnis Islam pada perilaku pedagang pasar tradisional Wringin.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive yaitu penentuan informan ditentukan sendiri oleh peneliti dengan pertimbangan tertentu. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini: 1) pemahaman pedagang pasar Wringin terhadap etika bisnis Islam dapat dibuktikan dengan cara mereka melakukan aktivitas berdagang. Mereka sudah memahami cara berdagang sesuai dengan etika bisnis dalam Islam dan mereka juga memahami sebagian dari prinsip-prinsip etika bisnis Islam. 2) penerapan etika bisnis Islam pada perilaku pedagang pasar Wringin sebagian sudah menerapkan atau menjalankan etika bisnis Islam. Dan ditinjau dari lima prinsip-prinsip etika bisnis Islam yang dijadikan tolak ukur penelitian belum diterapkan semua oleh para pedagang karena mereka hanya menerapkan prinsip tauhid, keseimbangan dan tanggung jawab. Sedangkan prinsip kehendak bebas dan prinsip kebajikan/ihsan tidak semua pedagang pasar Wringin menerapkannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150311 Organisational Behaviour
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fina Ulmisba Hati Fina
Date Deposited: 26 Sep 2023 06:27
Last Modified: 26 Sep 2023 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28577

Actions (login required)

View Item View Item