Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Batik Tulis Worogo Di Desa Alasnyiur Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo

Masruro, Ayu (2023) Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Batik Tulis Worogo Di Desa Alasnyiur Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AYU MASRURO-E20192064.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ayu Masruro, 2023: Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Batik Tulis Worogo Di Desa Alasnyiur Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo.
Kata Kunci: Pengembangan Usaha, Batik.
Pengembangan usaha ialah tugas dan proses persiapan analitis tentang peluang pertumbuhan potensial, dukungan dan pemantauan pelaksanaan peluang pertumbuhan usaha, tetapi tidak termasuk keputusan tentang strategi dan implementasi dari peluang pertumbuhan usaha. Pengembangan usaha juga merupakan tanggung jawab setiap pemimpin usaha yang membutuhkan pandangan kedepan, motivasi serta kreativitas..
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses pembuatan Batik Tulis Worogo di Desa Alasnyiur Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo. 2) Bagaimana pengembangan usaha yang dilakukan dalam meningkatkan produksi di Desa Alasnyiur Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo. 3) Bagaimana pengembangan usaha yang dilakukan dalam meningkatkan penjualan di Desa Alasnyiur Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo
Tujuan penelitian ini: 1) Proses pembuatan Batik Tulis Worogo di Desa Alasnyiur Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo. 2) Pengembangan usaha yang dilakukan dalam meningkatkan produksi di Desa Alasnyiur Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo. 3) Pengembangan usaha yang dilakukan dalam meningkatkan penjualan di Desa Alasnyiur Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian dipilih secara Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Interaktis Miles, Huberman dan Saldana yaitu dengan 4 Langkah. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Proses produksi yang dilakukan oleh pengrajin batik di Desa Alasnyiur Besuk Probolinggo yaitu proses pembuatan batik tulis worogo melalui Enam tahapan diantaranya gambar, mencanting, pewarnaan, ngelorod, cap, dan waterglass. Dan proses pembuatannya menggunakan canting, kompor batik, wajan, gawangan, tempat pewarnaan, dan dhingklik (bangku kecil). 2) Strategi pengembangan usaha yang dilakukan dalam meningkatkan produksi di Desa Alasnyiur Besuk Probolinggo yaitu dengan melakukan berbagai macam cara, ingat tujuan awal merintis usaha, pemantauan proses produksi, meningkatkan keuntungan, dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. 3) Strategi pengembangan usaha yang dilakukan dalam meningkatkan penjualan di Desa Alasnyiur Besuk Probolinggo yaitu promosi, mengenalkan produk lewat media sosial (Instagram dan facebook), perbanyak kontak WA, kualitas produk yang dihasilkan dan pelayanan kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Ayu Masruro
Date Deposited: 26 Sep 2023 06:49
Last Modified: 26 Sep 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28581

Actions (login required)

View Item View Item