Analisis Persaingan Bisnis Pedagang Buah Di Pasar Sempolan Kecamatan Silo Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam

Nur Afroh, Renita Sari (2023) Analisis Persaingan Bisnis Pedagang Buah Di Pasar Sempolan Kecamatan Silo Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Renita Sari Nur Afroh_E20192052-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Renita Sari Nur Afroh, 2023: Analisis Persaingan Bisnis Pedagang Buah Di Pasar Sempolan Kecamatan Silo Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.

Kata Kunci: Persaingan Bisnis, Strategi Pemasaran, Penetapan Harga, Pelayanan
konsumen.

Persaingan berasal dari bahasa Inggris "competisi" yang artinya persaingan. Perusahaan atau orang bersaing satu sama lain untuk mencapai tujuan seperti konsumen, pangsa pasar, peringkat survei, atau sumber daya dapat mengakibatkan persaingan. Secara garis besar, persaingan bisnis adalah persaingan antara perusahaan satu dengan lainnya berusaha mendapatkan pelanggan dengan mempromosikan barang atau jasa berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana bentuk-bentuk persaingan bisnis yang dilakukan oleh pedagang buah pasar Sempolan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui bentuk-bentuk persaingan bisnis yang dilakukan oleh pedagang buah pasar Sempolan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, menganalisis persaingan bisnis pedagang buah di pasar sempolan kecamatan silo dalam perspektif etika bisnis islam. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan persaingan yang terjadi yaitu persaingan produk, harga, pelayanan dan tempat. Dimana persaingan yang terjadi pada pedagang buah yaitu sebagian pedagang sudah menerapkan prinsip etika bisnis islam, namun masih ada sebagian pedagang yang melanggar prinsip etika bisnis islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms ٌRenita Sari Nur Afroh
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:45
Last Modified: 26 Sep 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28583

Actions (login required)

View Item View Item