Pengembangan Modul Elektronik Berbasis SAVI (Somatic, Audditory, Visual, Intellectual) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Peserta Didik Di SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember

Syahroh, Emiliatus (2023) Pengembangan Modul Elektronik Berbasis SAVI (Somatic, Audditory, Visual, Intellectual) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Peserta Didik Di SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Emiliatus Syahroh.pdf

Download (67MB)

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah merupakan pembelajaran yang cukup sulit jika tidak dibantu oleh media pendukung ataupun bahan ajar tambahan. Berdasarkan wawancara kepada guru di SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember diketahui bahwa peserta didik kurang fokus dalam pembelajaran jika tidak menggunakan media tambahan. Hasil analisis masalah peserta didik juga menunjukkan sebanyak 94,7% masih mencari bahan bacaan lain untuk memahami materi IPA. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan bahan ajar yang dimiliki oleh peserta didik yaitu hanya buku paket dari sekolah saja.
Tujuan penelitian ini di antaranya (1) untuk mendeskripsikan validitas modul elektronik berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) pada materi pencemaran lingkungan untuk peserta didik di SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember, (2) untuk mendeskripsikan respons peserta didik terhadap modul elektronik berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) pada materi pencemaran lingkungan untuk peserta didik di SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember.
Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian dan pengembangan dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang terbatas pada tahap disseminate dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Subjek penelitian terdiri dari validator ahli materi, ahli penyusunan bahan ajar, pengguna serta peserta didik. Subjek uji respons skala kecil dilakukan terhadap 6 peserta didik kelas VII A dan skala besar dilakukan terhadap 38 peserta didik kelas VII A dan VII C SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember. Instrumen pengumpulan data yang digunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian di antaranya (1) Hasil dari validasi ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 99,2%, hasil validasi ahli penyusunan bahan ajar diperoleh rata-rata sebesar 88,3% dan hasil validasi pengguna diperoleh rata-rata sebesar 87,06% dengan kriteria sangat valid, dengan demikian modul elektronik berbasis SAVI dapat diuji cobakan kepada peserta didik, (2) Hasil uji respons produk skala kecil diperoleh rata-rata sebesar 90,75% dengan kriteria sangat baik. Di samping itu, hasil dari uji respons produk skala besar diperoleh rata-rata sebesar 91,75% dengan kriteria sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Modul Elektronik, SAVI, Materi Pencemaran Lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050204 Environmental Impact Assessment
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050205 Environmental Management
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Emiliatus Syahroh
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:27
Last Modified: 04 Oct 2023 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28609

Actions (login required)

View Item View Item