Pengembangan media infografis pada materi pengolahan sampah untuk mengembangkan sikap peduli lingkungan sekolah adiwiyata di MTs Baitul Hikmah Tempurejo - Jember

Pratiwi, Sukma (2023) Pengembangan media infografis pada materi pengolahan sampah untuk mengembangkan sikap peduli lingkungan sekolah adiwiyata di MTs Baitul Hikmah Tempurejo - Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SUKMA PRATIWI_T201910029.pdf

Download (30MB)

Abstract

Sekolah adiwiyata berfokus pada upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah. Dengan tata sekolah MTs Baitul Hikmah yang merupakan sekolah adiwiyata ada kegiatan yang selalu berkaitan dengan lingkungan. Akan tetapi, berbeda dengan keadaan yang sebenarnya kegiatan pengolahan sampah pada sekolah MTs Baitul Hikmah tidak berjalan dengan konsisten, karena kurangnya rasa kesadaran warga sekolah tentang kepedulian lingkungan. Kegiatan pengolahan sampah dapat menggunakan berbagai media. Salah satu media pembelajaran yang digunakan adalah media infografis.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana validitas media infografis pada materi pengolahan sampah untuk mengembangkan sikap peduli lingkungan sekolah adiwiyata di MTs Baitul Hikmah Tempurejo – Jember ? 2) Bagaimana respon siswa terhadap media infografis pada materi pengolahan sampah untuk mengembangkan sikap peduli lingkungan sekolah adiwiyata di MTs Baitul Hikmah Tempurejo – Jember ? 3) Bagaimana sikap peduli lingkungan siswa dengan adanya media infografis pada materi pengolahan sampah untuk mengembangkan sikap peduli lingkungan sekolah adiwiyata di MTs Baitul Hikmah Tempurejo – Jember ?
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas media, respon siswa, dan penilaian sikap terhadap pengembangan media infografis pada materi pengolahan sampah sekolah adiwiyata di MTs Baitul Hikmah Tempurejo – Jember.
Penelitian merupakan penelitian R&D dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dengan skala likert dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, yakni mendeskripsikan validitas media infografis, respon siswa, dan penilaian sikap.
Hasil penelitian yang dilakukan adalah: 1) Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 96,9% , hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata 88%, dan hasil validasi pengguna memperoleh 94,4% dengan kriteri sangat valid, dengan ini media infogafis dapat diuji cobakan kepada siswa, 2) Hasil uji respon produk skala kecil menunjukkan rata-rata presentase 74,9% dengan kriteria menarik dalam segi keterbacaan media baik. Di samping itu, pada uji respon skala besar menunjukkan rata-rata presentase 81% dalam kriteria sangat menarik, dengan ini dalam segi kemenarikan media infografis sangat menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran, 3) Hasil penilaian sikap peduli lingkuan menunjukkan rata-rata 72% dalam kriteria sedang, dengan ini sikap peduli lingkungan dalam kategori sedang dan diperlukannya proses yang berkelanjutan.

Kata Kunci : Media Infografis, Sekolah Adiwiyata, Materi Pengolahan Sampah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050205 Environmental Management
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Sukma Pratiwi
Date Deposited: 04 Oct 2023 08:33
Last Modified: 04 Oct 2023 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28613

Actions (login required)

View Item View Item