UPAYA GURU MENGATASI KEBERAGAMAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 4 JEMBER

OSCAR DEWANDARU, ALFISAHR (2023) UPAYA GURU MENGATASI KEBERAGAMAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 4 JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
T201910060. ALFISAHR OSCAR DEWANDARU. SKRIPSI. IPA 2 2019.pdf

Download (24MB)

Abstract

Kata Kunci: Upaya Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA, Kurikulum Merdeka.

Sebagai seorang guru haruslah selalu bisa dan profesional dalam menciptakan suasana pembelajaran yang baik dan mendukung. Seorang guru diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang dialami oleh siswa dalam belajar salah satunya ialah perbedaan motivasi belajar pada setiap individu siswa. Adanya penangan terhadap perbedaan motivasi belajar siswa di kelas akan memberika dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai oleh setiap siswa dengan baik. Kurikulum merdeka menghadirkan proses pembelajaran dimana pusatnya pada siswa sedangkan guru hanya sebagai fasilitator. Penerapan kurikulum merdeka pada proses pembelajaran dilakukan dengan menyesuaikan karakteristik dan kebutuhan siswa. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 4 Jember, dengan Ibu Prima Hidayati NR, S.Pd., sebagai guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas VIII (delapan) didapatkan informasi bahwa terdapat banyak keragaman akan motivasi belajar siswa. Penelitian ini untuk mengetahui dan meneliti lebih dalam tentang upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi perbedaan motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran IPA di SMP Negeri 4 Jember.
Fokus penelitian ini adalah; 1) Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi keberagaman motivasi belajar siswa pada aspek cita-cita siswa? 2) Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi keberagaman motivasi belajar siswa pada aspek kemampuan siswa? 3) Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi keberagaman motivasi belajar siswa pada aspek kondisi siswa?
Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik untuk mengumpulkan data. Model Miles and Huberman digunakan untuk mengalisis data dalam penelitian ini yaitu dengan melukan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Guru dan sekolah berupaya dengan di kembangkannya kelas berbasis IT atau yang disebut dengan Smart Classroom. 2) Guru memaksimalkan pembelajaran berdiferensiasi yaitu pada konten, proses dan produk untuk memberikan kemudahan pada siswa dalam mengikuti proses pembelajarn sesuai dengan kemampuannya. 3) Guru berupaya dengan cara melakukan pendekatan kepada pribadi siswa dan mengkaitkannya dengan kedaan sekitar siswa guna memberikan pandangan terhadap kedaan yang sedang di alami oleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mrs ALFISAHR OSCAR DEWANDARU
Date Deposited: 04 Oct 2023 08:36
Last Modified: 04 Oct 2023 08:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28614

Actions (login required)

View Item View Item