Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada MATERI Pemanasan Global Kelas VII MTsN 2 Jember

Yuliyanti, Aniza (2023) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada MATERI Pemanasan Global Kelas VII MTsN 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Aniza Yuliyanti.pdf

Download (67MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang mengatakan bahwa pelajaran IPA adalah salah satu pelajaran yang sulit dikarenakan siswa mengalami kesulitan dalam pemahaman materi secara mendalam. Siswa cenderung pasif selama pembelajaran dikelas, hal ini dsebabkan karena proses pembelajaran yang dilakukan terlihat monoton. Salah satu alternatif yang diharapkan menjadi solusi adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning yang memberikan keluasan bagi siswa untuk mengembangkan pengetahuannya sehingga siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajarnya
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi pemanasan global siswa kelas VII MTsN 2 Jember? 2) Apakah terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar pada materi pemanasan global siswa kelas VII MTsN 2 Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi pemanasan global siswa kelas VII MTsN 2 Jember. 2) Mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar pada materi pemanasan global siswa kelas VII MTsN 2 Jember?.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis Quasi Eksperiment dengan desain Nonequivalent Posttest Only Control Group. Sampel penelitian adalah kelas VII-E berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII-G berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik uji hipotesis menggunakan uji Independent-Samples T-Test. Berdasarkan hasil analisis hasil uji-t pada hasil observasi dan posttest diperoleh nilai yang signifikansi kemampuan berpikir kiritis dan hasil belajar. Nilai signifikansi kemampuan berpikir kritis sebesar 0,000 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai signifikansi hasil belajar sebesar 0,000 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi pemanasan global siswa kelas VII MTsN 2 Jember. 2) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar pada materi pemanasan global siswa kelas VII MTsN 2 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050203 Environmental Education and Extension
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050204 Environmental Impact Assessment
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050205 Environmental Management
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Aniza Yuliyanti
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:10
Last Modified: 05 Oct 2023 04:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28617

Actions (login required)

View Item View Item