Pengaruh penggunaan laboratorium virtual PhET terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa materi getaran dan gelombang untuk siswa kelas VIII MTs Sunan Ampel Pasirian.

Jannah, Miftakhul (0004) Pengaruh penggunaan laboratorium virtual PhET terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa materi getaran dan gelombang untuk siswa kelas VIII MTs Sunan Ampel Pasirian. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MIFTAKHUL JANNAH_T201910074.pdf

Download (7MB)

Abstract

Miftakhul Jannah 2023: Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual PhET Terhadap Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang Untuk Siswa Kelas VIII Mts Sunan Ampel Pasirian.
Kata Kunci: Laboratorium virtual PhET, pemahaman konsep, motivasi belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Sunan Ampel Pasirian. Faktor yang mempengaruhi dari kurangnya motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa disebabkan oleh kurangnya alat praktikum yang memenuhi dengan jumlah siswa, kurang aktifnya siswa yang disebabkan oleh waktu yang cukup singkat, adanya pandemi covid-19 sehingga kegiatan pembelajaran dilaksanakan tanpa adanya aktivitas praktikum, kesulitan siswa dalam membedakan rapatan dan renggangan, serta kesulitan untuk mencari panjang gelombang dalam materi gelombang. Sehingga salah satu alternatif yang diharapkan dapat menjadi solusi yaitu dengan menggunakan laboratorium virtual berupa PhET simulation sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa yang lebih memuaskan.
Tujuan penelitian yang dilakukan peneliti yaitu: 1). untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan laboratorium virtual PhET terhadap pemahaman konsep pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Sunan Ampel Pasirian. 2). Apakah ada pengaruh penggunaan laboratorium virtual PhET terhadap motivasi belajar siswa materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Sunan Ampel Pasirian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu sampling jenuh kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilakukan di MTs Sunan Ampel Pasirian. Teknik pengumpulan data yaitu berupa soal tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji independent sample T-test. Teknik analisis data berupa statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: berdasarkan hasil uji T-Test pada pemahaman konsep siswa melalui nilai posttest diperoleh nilai yang signifikan sebesar 0,000 artinya H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan laboratorium virtual PhET terhadap pemahaman konsep pada materi getaran gelombang. Pada motivasi belajar siswa menggunakan angket motivasi belajar diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 artinya H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan laboratorium virtual PhET terhadap motivasi belajar pada materi getaran gelombang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Pengaruh Miftakhul Jannah
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:11
Last Modified: 05 Oct 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28618

Actions (login required)

View Item View Item